Prodi Manajemen USK Laksanakan Workshop Publikasi Ilmiah Reputasi Internasional

Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (FEB USK) laksanakan kegiatan peningkatan kapasitas dosen dalam penulisan dan publikasi artikel ilmiah internasional. Workshop ini berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat, 15 hingga 16 Februari 2024 di Ruang Rapim 1 FEB USK.

Adapun jurnal bereputasi tersebut meliputi Scopus, Emerald, WoS, Springer, Cogent Economics and Finance, Elsevier, dan indeks jurnal internasional bereputasi lainnya. Dengan narasumber: Prof. Dr. Muslim Amin, MBA dari Azman Hashim International Business School, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Malaysia.

Dekan FEB USK, Prof. Dr. Faisal, SE, M.Si, MA mengutarakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan keilmuan dosen FEB USK di bidang penulisan dan publikasi artikel ilmiah internasional dan juga untuk meningkatkan jumlah dosen bergelar guru besar (profesor) di FEB USK.

“Di samping itu, kegiatan workshop ini merupakan implementasi kerjasama internasional menuju akreditasi internasional jurusan manajemen,” ungkap Prof Faisal.

Akreditasi internasional yang dituju yakni FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) yang berkantor pusat di Bonn Jerman, dan diakui Kemendibudristek, dimana salah satu penilaiannya adalah sejauh mana kinerja publikasi internasional dosen di jurusan yang diakreditasi tersebut.

“Agenda dari kegiatan ini untuk mengetahui cara memilih jurnal internasional bereputasi, sistematika dan strategi penulisan dan gaya selingkung untuk jurnal terindeks Scopus, Emerald, WoS, Springer, Cogent Economics and Finance, dan Elsevier,” jelas Ketua Panitia Workshop, Dr. Halimatussakdiah, SE, MA.

Selanjutnya, telaah kritis dan feedback untuk draft artikel yang telah dikirim peserta sebelumnya yang dikupas tuntas dan diberi pencerahan serta revisi oleh narasumber satu persatu untuk setiap peserta, coaching clinic I dan II untuk hasil review artikel peserta.

Tidak hanya itu, dirinya menjelaskan, setelah itu adanya latihan dan feedback langsung cara penulisan artikel ilmiah internasional mulai dari introduction, research objective, research question, gap research, novelty, literature review, research methodology, finding, discussion dan conclusion.

Materi tambahan yang disajikan juga terkait dengan proses publikasi jurnal dan proses peer review jurnal, demikian diungkapkan Dr. Halimatussakdia yang didampingi moderator workshop Irma Suryani, SE, MBA.

Pada bagian lain, Ketua Prodi Manajemen USK, Dr. A. Sakir, SE, MM, CFRM mengatakan, workshop publikasi internasional bereputasi ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan tahun ini oleh prodi.

“Persiapan akreditasi internasional Prodi Manajemen untuk meningkatkan efektivitas dan lebih fokus kegiatan workshop ini dipersyaratkan bagi peserta yang hanya memiliki jabatan fungsional lektor kepala, bergelar doktor dan telah mengirimkan artikel publikasi paling lambat tiga hari sebelum acara berlangsung, untuk diberikan feedback oleh narasumber,” ujarnya.

Menurutnya, syarat ini harus dibuat supaya kegiatan ini lebih terarah dan mencapai sasaran yang tepat serta memberi waktu yang cukup bagi peserta, untuk mendapatkan coaching clinic yang optimal dan lebih fokus dalam melaksanakan latihan yang diberikan.

“Dengan demikian, hanya terpilih 15 peserta yang berhak untuk ikut kegiatan workshop ini walaupun peminatnya banyak, tapi kita pertimbangkan agar dengan peserta terbatas maka lebih fokus dan lebih antusias,” terangnya.

Kegiatan workshop ini ditutup ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FEB USK, Dr. Darwanis, SE, M.Si. Ak., yang memberikan apresiasi kepada Prodi Manajemen sebagai penyelenggara dan ucapan terima kasih kepada Prof. Dr. Muslim Amin dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM) yang juga merupakan Top 2% Scientists in 2023 by Stanford University based on Scopus.