Pimpinan USK Safari Ramadan ke FKIP

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng beserta para Wakil Rektor lainnya melakukan safari Ramadan secara daring ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pertemuan ini dimoderatori oleh Dekan FKIP USK Dr. Drs. Syamsulrizal, M.Kes. (Banda Aceh, 3 Mei 2021).

Syamsul Rizal dalam sambutannya mengatakan, dirinya merasa sangat terhormat sebab setelah seminggu pertama dirinya bertugas sebagai Dekan, Fakultas ini mendapatkan kunjungan dari Rektor USK berserta jajarannya untuk melepas mahasiswa FKIP yang mengikuti Kampus Mengajar.

Selain itu, Syamsul juga mengungkapkan jumlah SDM yang ada di FKIP. Untuk dosen sebanyak 270, Profesor 12, S3 79 orang, S2 179. Lalu saat ini 20 orang sedang menempuh studi S3. Adapun dosen tetap non PNS sebanyak 14 orang dan dosen kontrak sebanyak 20  orang. Jadi jumlah keselurunanya 304 orang.

Berdasarkan data, tahun 2021 dosen FKIP akan pensiun 8 orang dan 2022 akan pensiun 12 orang. Syamsul menilai, hal ni akan mmpengaruhi rasio dosen dengan mahsiswa orang.

“Jadi FKIP total tenaga pendidikan dan dosennya adalah 446 orang, Jumlah ini cukup banyak, semoga ini kekuatan untuk memajukan FKIP ke depan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Syamsul juga mengungkapkan rencana FKIP untuk membangun Labscholl tingkat SD sampai SMP. Selain itu, pembenahan beberapa fasilitas di fakultas ini seperti komputer dan lainnya.

Selanjutnya, Rektor menilai bahwa saat ini kualitas pendidikan di Aceh cukup memprihatinkan. Bahkan jauh tertinggal dari Papua, padahal Aceh memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang sangat besar.

Untuk itulah, Rektor mengharapkan FKIP USK bisa berbuat lebih banyak dengan terus memperkuat institusinya. Sebagai pimpinan universitas, Rektor mengungkapkan, bahwa dirinya tentu akan mendukung sejumlah rencana pengembangan di fakultas ini.

Termasuk rencana FKIP untuk membangun kembali sekolah Labscholl untuk tingkat SD dan SMP. Kita dukung itu, apalagi USK punya lahan di Lampenereut.

“Intinya, FKIP bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan kualitas pendidikan hari ini. Dan semoga bapak ibu bisa mengejar ketertinggalan ini demi masa depan anak-anak kita,” ucap Rektor.

Leave a Reply