Pegawai USK Susun Implementasi Kegiatan 2022

Universitas Syiah Kuala dan Lembaga Nasional Single Window (LNSW) sepakat menjalin kerja sama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Kepala LNSW Mochammad Agus Rofiudin, S. Kom., M.M dan Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Balai Senat USK. (Banda Aceh, 18 Januari 2022).

Agus Rofiudin mengungkapkan, saat ini LNSW yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan sudah menjalin kerja sama dengan delapan universitas. Namun kerja sama dengan USK ini terasa istimewa, karena untuk pertama kalinya dilaksanakan LNSW secara fisik selama pandemi.

Menurutnya, kerja sama ini adalah upaya LNSW untuk bergerak secara sinergi bersama lembaga lainnya seperti perguruan tinggi, untuk pemulihan ekonomi nasional. Mengingat kondisi perekonomian nasional sekarang sudah mulai pulih setelah dihantam pandemi sejak 2019.

Tanda-tanda pemulihan ekonomi ini bisa dilihat dari beberapa indikator. Di antaranya, penerimaan negara dari ekspor dan impor yang jumlahnya sudah mulai mendekati saat sebelum pandemi. Begitu pula dengan volume perdagangan Indonesia yang mulai membaik meskipun pandemi belum berakhir.

Untuk itulah, ia berharap LNSW dan USK dalam berkolaborasi yang tujuannya dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Kami harap MoU ini dapat menghasilkan suatu kegiatan yang positif, tentu dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional, dan khususnya Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ucapnya.

Sementara itu Prof. Marwan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terjalinnya kerja sama ini. Adapun ruang lingkup kerja sama ini di antaranya meliputi penelitian,  pengembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi, seminar serta konferensi internasional.

Selain itu, Prof. Marwan juga menyatakan USK siap untuk menempatkan mahasiswanya yang berasal dari program studi IT untuk magang di LNSW. Sebab saat ini USK memiliki beberapa prodi yang berhubungan dengan IT, seperti S1 Informatika, Teknik Komputer, Teknik Elektro, D3 Manajemen Informatika, S2 Teknik Elektro dan S2 Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence).

Pada kesempatan ini, Prof. Marwan juga mengharapkan dukungan LNSW dalam kegiatan ekspor dan impor kebutuhan serta hasil produksi USK. Mengingat saat ini USK sudah mulai melakukan ekspor hasil nilamnya ke luar negeri.

“Apalagi USK akan segera bertransformasi menjadi PTN BH. Maka kerja sama dengan LNSW ini, sangat berarti dalam mendukung kemandirian USK nantinya,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor III dan IV USK, para Dekan dan Kepala Unit Pengembangan Bisnis USK. Sementara dari pihak LNSW dihadiri oleh Sekretaris LNSW, Direktur Teknologi Informasi, Kepala Bagian Organisasi, SDM, Hukum dan Humas serta Kepala Pengembangan Sistem.

Leave a Reply