Malam ini, MTQMN Ke-16 di Kampus Unsyiah Ditutup

Babak final semua cabang yang diperlombakan pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) Ke-16 di Kampus Unsyiah sudah selesai dilaksanakan sejak pagi kemarin hingga tadi malam. Sementara penutupan even dua tahunan itu berlangsungdi Gedung AAC Dayan Dawood, Darusalam, Banda Aceh, Sabtu (3/8) malam ini. Musabaqah yang diikuti mahasiswa dari 179 perguruan tinggi di seluruh Indonesia rencananya akan ditutup Direktur Kemahasiswaan dan Karier Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Dr Didin Wahidin MPd.

Koordinator Humas dan Publikasi MTQM Unsyiah, Dr Zulkarnain Jalil MSi, kepada Serambi, kemarin, mengatakan, pada acara penutupan juga akan diumumkan juara di setiap cabang, penetapan juara umum, dan pemberian hadiah kepada semua pemenang. Menurutnya, 13 cabang lomba sudah selesai dilaksanakan. Bahkan 11 dari 13 cabang melaksanakan babak final secara serentak kemarin. Hanya cabang karya tulis dan aplikasi komputer yang tidak digelar babak final, karena penilaian langsung dilakukan dewan hakim terhadap karya peserta.

Dari sejumlah cabang itu, hanya Fahmil Quran yang langsung diketahui juaranya, yaitu Unsyiah. Sementara 12 cabang lain, juaranya akan diumumkan pada malam penutupan oleh dewan hakim.

“Meski dilaksanakan di aula, namun penutupan MTQMN kali ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan tari Ratoh Jaroe dan Tari Saman oleh mahasiswa Unsyiah. Ribuan peserta dan ofisial juga akan hadir di malam tersebut, ungkap Zulkarnain Jalil didampingi Wakil Ketua Umum IV, Nashrillah Anis SE MSi.

Saat penutupan, lanjutnya, peserta akan duduk berdasarkan cabang lomba, bukan lagi mengacu pada kafilah seperti saat pembukaan. Di lokasi penutupan, juga ada arena Bazar dan Expo yang menyediakan berbagai souvenir dan oleh-oleh, serta memamerkan sejumlah hasil karya mahasiswa Unsyiah. "Di arena bazar banyak dijual oleh-oleh. Mahasiswa dan peserta mulai ramai ke arena expo dan bazar untuk membeli souvenir atau oleh-oleh," ungkapnya.

 

UNSYIAH JUARA FAHMIL

Informasi lain, regu tuan rumah tampil sebagai juara pertama cabang Fahmil Quran MTQMN kali ini. Prestasi itu didapat mahasiswa Unsyiah setelah memperoleh nilai terbanyak babak final yang berlangsung di Kampus Unsyiah, Jumat (2/8) pagi. Sesaat sesudah dipastikan menjadi juara,  peserta dari regu Unsyiah langsung melakukan sujud syukur di panggung utama Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Unsyiah.

Mereka tampak terharu saat dipastikan mampu menjadi juara MTQMN kali ini. Penonton yang berada di area gedung juga menyambut dengan haru. Pekikan “Allahuakbar” menggemuruh dari penonton yang memenuhi hall AAC Dayan Dawood. Di final, Unsyiah unggul atas regu dari Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Andalas Padang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Regu Fahmil Quran Unsyiah beranggorakan Amran Wali dan Muammar (Fakultas Kedokteran), serta dan M Iqbal Fathani (Teknik Sipil). Mereka berhasil mengumpulkan nilai akhir sebanyak 1.200. Nilai itu beda tipis dibanding nilai Universitas Indonesia (UI) yang memperoleh nilai 1.105 dan Universitas Negeri Malang 1.050.

Ketua Regu Fahmil Quran Unsyiah, Muammar, mengaku terharu dengan keberhasilan ini. Menurutnya, hasil yang didapat pihaknya merupakan juara pertama bagi Unsyiah di ajang MTQMN tahun ini. “Kami tak punya daya dan kekuatan apa-apa, semua ini mendapat berkat dari Allah SWT,” ujarnya. []