Majukan Kampus, Universitas Labuhan Batu Berguru ke USK

Universitas Labuhan Batu (ULB) dari Provinsi Sumatera Utara berkunjung ke Universitas Syiah Kuala (USK) untuk menjalin kerjasama. Penandatangan dengan tujuan utama pengembangan SDM tersebut berlangsung di Balai Senat kampus setempat, Senin, 4 Maret 2024.

Rektor Universitas Labuhan Batu, Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, P.hd menyampaikan, sebagai salah satu PTS yang usianya relatif baru di bawah LLDIKTI, pihaknya berupaya berkembang cepat dengan progres yang maksimal, salah satunya adalah dengan belajar dari USK, universitas terbesar di Aceh ini.

“Kami yakin semoga kebaikan USK ini bukan hanya bagi Sumatra, tapi bisa bagi Indonesia. Mohon bisa kami dibantu nanti untuk publikasi, MBKM, penjaminan mutu, auditor internal dan pendampingan LPPM,” kata Prof Ade.

Kemajuan USK yang pesat dengan berbagai capaian. Termasuk peringkat mentereng dalam sejumlah versi, seperti kampus no 1 di Sumatra dan kedua di luar Pulau Jawa pada awal tahun 2024 versi webometric, dan seterusnya, menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak kampus di Indonesia untuk belajar dan bekerjasama.

“Kami banyak belajar dari USK atas konsistensinya di bidang pendidikan. Kami mengharapkan bimbingan, apalagi kami PTS dan banyak hal yang bisa kita kerjakan bersama,” ujarnya.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan menyambut baik kedatangan ULB di kampus Jantong Hate Rakyat Aceh. Kerjasama yang telah ditandatangani, akan diisi dengan kerja konkrit sekaligus bagian dari kontribusi USK terhadap kampus di luar Aceh, khususnya di Sumatera Utara.

“Kerjasama ini bukan hanya di atas kertas saja, tapi siap kita implementasikan. USK banyak melakukan pendampingan ke berbagai universitas di Aceh baik PTN maupun PTS, dan sedikit jarang sampai ke Sumatera Utara. Ini menjadi kesempatan yang berharga tentunya. USK siap bersama-sama mengembangan pendidikan di Sumatra Utara,” jelas Prof Marwan.

Lebih jauh, Rektor USK menerangkan, meskipun secara jarak antara USK dengan ULB terbilang jauh, namun dengan perkembangan teknologi, sejumlah hal lebih mudah dan efisien. Meskipun, tatap muka juga tetaplah penting.

“Kita bisa berbagi pengalaman,di USK ada auditor, asesor. Secara prinsip, USK siap membantu perkembangan ULB, bahkan sangat terbuka dengan universitas mana pun,” ujar Rektor.