Majukan Bisnis, USK – Universiti Utara Malaysia Rajut Kerjasama Strategis

Universitas Syiah Kuala (USK) merajut kerjasama strategis dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) guna memajukan sektor bisnis. Kesepakatan ini terjadi setelah lawatan delegasi USK ke kampus jiran tersebut, pertengahan Oktober 2023.

Delegasi USK dihadiri Kepala Pusat Inkubator Bisnis Fakultas Ekonomi (FEB), Dr. Iskandarsyah Madjid, SE. MSc bersama Ketua Jurusan Manajemen FEB USK, Dr. A. Sakir telah bertemu dengan Dr. Muhammad Iskandar Zulkarnain, yang menjabat sebagai Pengarah Jabatan Hal Ehwal Pelajar di UUM di kampus tersebut, Perlis, Malaysia, 14 Oktober 2023.

Pertemuan ini didampingi oleh Dr. Massudi Mahmuddin, seorang ilmuwan terkemuka di Kolej Sastra dan Sains UUM. Pertemuan ini merupakan inisiatif yang menandai langkah awal dalam pengembangan bisnis yang dicanangkan oleh mahasiswa dari kedua universitas tersebut.

“Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk menciptakan sinergi yang kuat dalam pengembangan bisnis mahasiswa di kedua universitas. Upaya sinergis ini akan mencakup berbagai aspek, termasuk teknologi, inovasi, manajemen, keuangan, serta pemahaman yang lebih baik tentang pasar bisnis,” jelas Iskandarsyah.

Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, diharapkan kedua universitas dapat memberikan dukungan yang lebih kuat kepada mahasiswa yang tertarik pada dunia bisnis dan kewirausahaan.

Nantinya, sebanyak 20 pengusaha mahasiswa yang sedang dibina oleh Inkubator Bisnis FEB-USK akan mengunjungi UUM. Kegiatan ini akan mencakup berbagai agenda yang sangat bermanfaat, termasuk pertukaran pengetahuan dan wawasan, serta pameran produk-produk yang telah dikembangkan oleh mahasiswa binaan FEB USK di Malaysia.

“Rencana implementasi dari kerjasama ini telah ditetapkan pada tanggal 29 November 2023,” ungkapnya.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan menambahkan, setelah fase pertama kegiatan tersebut selesai, maka pada tahun 2024 mendatang, akan ada kunjungan balasan dari pihak pengusaha mahasiswa dari UUM ke FEB USK. Dalam kunjungan itu, mereka akan menjalani kegiatan yang serupa, dan melanjutkan kolaborasi yang telah dimulai sebelumnya.

“Kerjasama ini menandai komitmen kuat dari dua universitas baik Indonesia maupun Malaysia, dalam mendukung perkembangan kewirausahaan dan bisnis mahasiswa. Selaras dengan Program 1000 Wirausaha Muda USK,” tutur Rektor.

Prof Marwan berharap, kiranya kerjasama ini akan terus berkembang, dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat. Menurutnya, kolaborasi USK-UUM merupakan langkah positif dalam menciptakan peluang yang lebih besar bagi mahasiswa yang memiliki minat mendalam terkait dunia bisnis, serta peluang yang besar untuk berkolaborasi dalam inisiatif bisnis yang relevan.

Untuk diketahui, inisiatif ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh FEB USK di Malaysia, yang dilaksanakan pada tanggal 9-15 Oktober 2023. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dekan FEB USK, Prof. Dr. Faisal.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah joint academic program dengan Universiti Sains Malaysia dan Universiti kebangsaan Malaysia. Kegiatan PKM Internasional dilaksanakan di Kampung Aceh, Yan, Kedah Malaysia bersama dengan KOOP Sabena dan Kampung Aceh Management Center (KAMC), dua unit usaha yang dimiliki Masyarakat asal Aceh  yang berdomisili di Yan, Kedah, Malaysia

Leave a Reply