Mahasiswa USK Raih Medali Perak ONMIPA

Mahasiswa USK berhasil meraih medali perak pada ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat pada tanggal 13 s.d. 17 Juni 2023.

Thulus Putra Sagala mahasiswa Program Studi Fisika FMIPA USK berhasil meraih medali perak bidang fisika pada ajang ONMIPA tingkat nasional. Empat mahasiswa lainnya yang juga mengikuti ON MIPA tingkat nasional diantaranya Muhammad Farhan dan Asyraf di bidang Biologi dari prodi Pendidikan Dokter USK, Cut Putri Safira bidang Kimia dari prodi Kimia FMIPA USK dan Maulidia bidang Matematika dari prodi Matematika FMIPA USK.

“Alhamdulillah ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan, pada ajang olimpiade ini kita bersaing dengan ITB, UGM, IPB, UI dan universitas ternama lainnya, persaingannya cukup ketat, cukup sulit untuk mendapatkan medali pada ajang seperti ini”, ujar Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP, M.Sc sebagai Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK yang turut didampingi oleh Dr. Ir. Marwan, S.Si., M.T., IPM., ASEAN Eng sebagai Ketua Unit Pengembangan Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa (P2KM) USK. “Terima kasih dan selamat juga untuk Pak Fadhli, S.Si, M.Si sebagai dosen pendamping yang telah mendampingi dan mempersiapkan tim mahasiswa kita dengan baik, sehingga memperoleh hasil yang membahagiakan ini” tambah Dr. Ir. Marwan, S.Si, MT, IPM, ASENAN Eng memberi apresiasi.

Sebelumnya delegasi USK sudah disiapkan dari jauh-jauh hari. Sejak Februari lalu telah USK melakukan seleksi secara internal. Dari hasil seleksi itu dipilih mahasiswa dengan nilai terbaik pada setiap bidangnya sebanyak 5 orang mahasiswa. Selanjutnya mereka diberikan pembinaan intensif selama dua pekan untuk persiapan lebih matang menghadapi seleksi wilayah dan nasional.

Adapun penentuan perwakilan wilayah telah dilakukan seleksi ONMIPA  secara daring pada tanggal 22 s.d. 24 Mei 2023.

“Seleksi tingkat wilayah ini merupakan tahap penentuan peserta ONMIPA ke tingkat nasional. USK mengirimkan sebanyak 20 mahasiswa ke tingkat wilayah dan 5 diantaranya berhasil lolos ke tingkat nasional. Sebelumnya kita menargetkan 2 mahasiswa setiap bidang, artinya kita berharap ada 8 mahasiswa yg kita kirimkan ke nasional” ujar Dr. Gunawati, M.Si Koordinator ON MIPA USK.

ONMIPA adalah kompetisi tahunan yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Kegiatan bergengsi tersebut merupakan kompetisi yang sangat kompetitif di tingkat nasional dengan empat bidang yang diperlombakan, diantaranya biologi, fisika, kimia dan matematika.

“Alhamdulillah prestasi ini sangat membanggakan, semoga kedepan kita dapat meraih medali di bidang lainnya, hal bisa kita capai berkat kesungguhan dari pembina, mahasiswa dan seluruh pihak yang terlibat, terimakasih kepada semuanya” tambah Prof. Dr. Mustanir, M.Sc, Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK.

Leave a Reply