Mahasiswa USK Raih Juara II Nasional Pembicara Terbaik Ajang KDMI

Raihan Athiyya putri mahasiswa Universitas Syiah Kuala meraih juara 2 pembicara terbaik novice pada ajang Kompetisi Debat Mahasiswa Nasional (KDMI) yang dilaksanakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Sindangsari, Banten.

KDMI dilaksanakan pada tanggal 11 – 18 September 2023 di Untirta Sindangsari. Tim delegasi perguruan tinggi yang bertanding di KDMI Tingkat Nasional adalah tim terbaik atau para juara dari 16 wilayah Indonesia. Tim USK terdiri atas Raihan Athiyya Putri, Muhammad Al Fadhal Raseuki sebai pendebat dan Yuke Aisyah Asifa Arrajid sebagai N1 Adjudicator.

Prestasi pembicara terbaik ditentukan berdasar kumpulan skor yg diberikan oleh para juri pada setiap pertandingan debat, dari 7 round debat raihan mengumpulkan total skor 543 poin. Untuk kategori juara kelompok, Universitas Gadjah Mada juara 1, Universitas Padjajaran Juara 2 dan Universitas Negeri Malang juara 3.

Prestasi kategori perorangan ini merupakan sebuah kebanggaan, kita juga berharap bisa menjuarai kembali KDMI seperti di tahun 2021 lalu, Ucap wakil rektor Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK Prof. Dr. Mustani, M.Sc.

Selamat buat raihan yg sudah menjadi best speaker novice KDMI. Kedepan perlu dilakukan persiapan yang lebih matang lagi sehingga kita bisa meraih juara KDMI sebagai tim tambah Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc Direktur Direktorat Kewirausahaan dan Prestasi.

KDMI merupakan kompetisi debat tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Tahapan kegiatan KDMI mulai dari tingkat perguruan tinggi kemudian lanjut di tingkat wilayah dan tahapan finalnya ditingkat Nasional.

Kita akan lakukan persiapan yang matang tahun depan, saya berharap seleksi KDMI tingkat USK bisa dilaksanakan segera, sehingga waktu latihan lebih panjang ujar Dr. Ir. Marwan, S.Si., M.T., IPM., ASEAN Eng., APEC Er. ketua pengelola kegiatan mahasiswa atau lebih dikenal P2KM.

Leave a Reply