Mahasiswa USK Raih Dua Juara Nasional di Ajang CEPTION 2023

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang tergabung dalam Tim Obsidian Olympians berhasil meraih dua juara nasional di ajang “Chemical Engineering Paper Competition (CEPTION) 2023” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang (HMPTK UNNES), Semarang, Jawa Tengah.

Tim Obsidian Olympians yang merupakan perwakilan USK ini terdiri dari Joice Cavin Pardede dari prodi Teknik Pertambangan sebagai ketua dan Ahlul Aqdi dari Prodi Akuntansi sebagai anggota. Adapun dua penghargaan tersebut adalah full paper, Presentasidan poster ilmiah. dan meraih Best Poster (poster terbaik) dalam kompetisi tersebut.

“Kami Tim Obsidian Olympians harus bersaing dengan 9 finalis dari kampus terbaik nasional yang ada di pulau jawa dan kami memiliki kebanggan tersendiri karena menjadi satu-satunya finalis dari pulau Sumatra atau finalis yang berada di luar pulau Jawa,” ucap Joice Cavin Pardede.

Tahun ini CEPTION mengusung tema “Aktualisasi Peran Generasi Milenial dalam Upaya Efisiensi dan Efektifitas Penggunaan Sumber Daya Guna Mendorong Percepatan Transisi Energi untuk Mewujudkan Net Zero Emission Tahun 2060”.

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 11 Agustus hingga 29 Oktober 2023 dan diikuti oleh 28 tim yang berasal dari 16 universitas yang ada di Indonesia. Proses seleksi terdiri dari seleksi abstrak yang dilakukan hingga 15 September dan meloloskan 25 tim. Selanjutnya adalah seleksi full paper LKTI yang dilakukan dalam 2 gelombang, Gelombang 1 (16-26 September) dan gelombang 2 (27 september – 6 Oktober) dan meloloskan 10 tim. Dan diakhiri dengan grand final pada 28 Oktober 2023 berupa presentasi dan tanyajawab langsung dengan dewan juri di Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Joice Cavin Pardede, selaku ketua tim sangat berterima kasih kapada pihak kampus USK, yang telah memberikan kesempatan kembali kepada saya untuk membawa nama baik USK di akhir-akhir masa kuliah saya.

“Kesempatan tersebut merupakan capaian tertinggi dirinya setelah sebelumnya juga mengikuti kegiatan Student Paper Competition (SPC) yang dilaksanakan pada 2 sepetember 2023 pada acara Temu Ramah Perhimpunan Ahli Pertambang Seluruh Indonesia (TPT PERHAPI) dan hanya sampai di Final 10 besar karya terbaik.