Mahasiswa USK Raih 3 Juara Nasional dalam Seminggu

Mahasiswa program studi Sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala  bernama Ari Zonanda,  berhasil meraih 3 Juara/penghargaan tingkat nasional dalam kurun waktu seminggu. (Banda Aceh, 23 September 2022).

Adapun prestasi yang berhasilnya diraihnya adalah Juara 1 Kompetisi Artikel Islami tingkat Nasional pada even Al-Azzam Islamic Fair 2022 FKIA FISIP Universitas Trunojoyo Madura, Jakarta Selatan yang bertema “Bergerak Menjadi Generasi Milenial Yang Bertalenta, Berakhlak Dan Berwawasan Islami”.

Pada kompetisi ini dirinya mengangkat judul “Pemberdayaan Psikologis Pemuda Melalui Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani Guna Mewujudkan Generasi Bertalenta Dan Unggul Masa Depan”. Pengumuman tersebut diumumkan pada acara seminar nasional dan clossing caremony secara online melalui Zoom penyelenggara pada 27 Agustus 2022.

Berdasarkan study literatur yang dilakukan, Ari mendapatkan bahwa terdapat banyak masalah dan tantangan yang dihadapi generasi muslim masa kini terutama gangguan mental yamg berdampak buruk pada psikologinya. Tingginya angka permasalahan kesehatan mental dan quarter life crisis di indonesia menyebabkan rendahnya moralitas dan mentalitas terhadap dikalangan mahasiswa dan pemuda sehingga menimbulkan berbagai macam permasalahan lainnya.

Tiga hari setelahnya, Ari kembali berhasil meraih Juara 2 lomba Sajak Nasional even Memperingati Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan Duta Damai Jakarta. Lomba ini mengangkat tema “Kemerdekaan Dalam Kata, Harmoni Dalam Cinta”.

Dalam pengumuman tersebut Ari Zonanda berhasil menduduki juara 2. Sedangkan untuk juara 1 diraih oleh Universitas Gadjah Mada dan juara tiga diraih oleh Universitas Negeri Surabaya.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih juara 2 dengan judul karya “Kemerdekaan Dalam Satu Cinta Dan Warna”, ujar Ari Zonanda.

Tak sampai sepekan Ari kembali menoreh prestasi di bidang research pada dengan predikat Top 10 Inovasi terbaik  kompetisi Ide Inovasi Bank Sampah event Better Challenge 2022 yang di selenggarakan Perusahaan Banana Parnert dan Pertamina Patra Niaga Lomba ini mengangkat tema “Kreativitas Mahasiswa Dalam Menciptakam Inovasi Bank Sampah Indonesia”.

Kegiatan ini di ikuti oleh ratusan mahasiswa dari bebagai kampus di Indonesia. Pada kompetisi ini Ari mengangkat judul karya “Pemberdayaan Pemulung Melalui Inovasi Sahabat Lingkungan di Gampong Jawa Kota Banda Aceh.

Sebelumnya, Ari telah memenangi Juara 1 Kompetisi Karya Tulis Populer tingkat internasional pada event RAPIMNAS NASIONAL yang di selenggarakan oleh PPI DUNIA X PPI TURKI, Turki.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih juara 1 dengan judul karya Empowerment Of Amil Zakat And Phylantropic Institutions Through Fintech And QRIS To Create Indonesia’s Sharia Economic Growth”, ujar Ari Zonanda.

Sebagai mahasiswa yang gemar melakukan riset dan menulis, Ari telah berjuang membawa Kampus Jantung Hate Rakyat Aceh (USK) meraih lebih dari 40 prestasi dan penghargaan di tingkat nasional dan berkelana hingga puluhan kampus ternama di tanah air atas Qudrah dan Iradah Allah SWT.

Leave a Reply