Mahasiswa USK Masuk 10 Besar Non-PIMNAS Bidang Kewirausahaan

Penyelenggaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 di Universitas Padjadjaran, terdapat perlombaan yang disebut non-PIMNAS; sebuah perlombaan tambahan pada penyelenggaraan PIMNAS. Lomba Non-PIMNAS terbuka untuk seluruh peserta program kreativitas mahasiswa (PKM) dalam ajang menghasilkan sebuah produk/karya.

Lomba Non-PIMNAS terbagi menjadi tiga kategori lomba, yaitu produk/karya teknologi, kewirausahaan, dan pengabdian masyarakat. Pendaftar diseleksi secara ketat, dan 10 pendaftar yang terbaik dari setiap kategori akan memamerkan sekaligus mempresentasikan produk/karya untuk memperebutkan kejuaraan pada kegiatan PIMNAS yang diadakan di Jatinangor, Jawa Barat itu sejak 26 November hingga 1 Desember 2023 .

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) lulus pada penyeleksian awal lomba Non-PIMNAS pada kategori kewirausahaan. Mahasiswa USK lulus bersaing pada tahapan penyeleksian dari 109 tim yang mendaftar. Produk Kewirausahaan Mahasiswa USK yang berhasil masuk nominasi mengangkat judul: Pengharum Ruangan Berbahan Kopi Gayo, Minyak Nilam dan Kemasan Eco-Friendly Ampas Tebu.

Inovasi produk tersebut dinamakan dengan “BeeKupi” yang merupakan hasil karya mahasiswa dari Fakultas Teknik, yakni Hidayatullah dari Prodi Teknik Industri sebagai Ketua Tim, Raudhatul Nazah dari Prodi Teknik Industri sebagai anggota dan Retika Septi Diana Utari dari Prodi Teknik Kimia sebagai anggota. Tim BeeKupi USK ini dibimbing oleh Ir. Sarika Zuhri, ST., MT, dosen Prodi Teknik Industri.

“Kami bersyukur mampu menjadi salah satu peserta yang masuk sebagai nominasi, karena persaingannya sangat ketat dan kompetitif,” ujar Sarika.

Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc menjelaskan, kegiatan lomba non-PIMNAS yang diselenggarakan pada pergelaran PIMNAS di Universitas Padjadjaran ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan dalam momentum PIMNAS.

“Alhamdulillah mahasiswa USK lolos 10 besar dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc., yang turut hadir langsung ke lokasi PIMNAS menuturkan bahwa mahasiswa USK yang kita kirimkan tahun ini, baik untuk ajang PIMNAS maupun untuk kegiatan tambahan Non-PIMNAS sudah dibekali dengan berbagai pendampingan.

“Kita memberikan perhatian yang serius untuk mendukung prestasi mahasiswa dalam berbagai kompetisi yang ada, bahkan tahun ini pembekalan demi pembekalan terkait berbagai peluang untuk meraih prestasi kita lakukan secara intensif,” ujar Prof Mustanir.