Mahasiswa USK Lulus Seleksi Student Exchange ke Italia

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), Ghina Ghefira dari Fakultas Teknik jurusan Arsitektur lulus program pertukaran mahasiswa ke University of Pisa, Italia. Rencananya, Ghina akan berada di Italia mulai dari September 2023 sampai Maret 2024.

Selama di sana, ia akan mengikuti berbagai program kampus, di antaranya ia bergabung dengan klub International Student University of Pisa, menjadi anggota Erasmus Student Network, dan berkontribusi dalam menyebarkan budaya Indonesia ke University of Pisa melalui event Batik Day dan Heroes’ Day.

Program pertukaran mahasiswa ini diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia untuk mendanai program mobilitas pelajar Indonesia ke universitas di luar negeri melalui program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award) 2023.

Setelah mengikuti tahapan seleksi yang ketat dari seluruh Indonesia, akhirnya panitia penyelenggara memilih mahasiswa-mahasiswa terbaik yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya adalah satu dari USK.

“Saya merasa sangat bersyukur telah terpilih sebagai salah satu awardee, karena kompetisi mendapatkan beasiswa IISMA ini sangat ketat,” kata Ghina

Wakil Rektor USK Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si mengungkapkan, bahwa program ini adalah salah satu sarana untuk menambah koneksi internasional, dan mengembangkan sudut pandang dengan berinteraksi dengan berbagai mahasiswa internasional, serta meningkatkan rasa cinta tanah air dengan mengimplementasikan budaya Indonesia dalam kehidupan sehari-hari di luar negeri.

“Selamat kepada mahasiswa USK yang telah terpilih dalam pertukaran mahasiswa internasional. Memaksimalkan kesempatan selama di Italia untuk belajar yang tekun, dan membagun jejaring global,” tutur Prof Agussabti.

Untuk diketahui, sebelumnya Ghina telah terlebih dahulu mengharumkan nama kampus USK dengan prestasinya. Misalnya ia pernah mendapatkan Juara 3 PEKSIMIDA cabang lomba Seriosa Putri tahun 2022.

Sebagai informasi, IISMA ini merupakan salah satu program beasiswa bergengsi di dunia yang dibiayai penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk kuliah di universitas pilihan terkemuka dan industri terkemuka di luar negeri.

Leave a Reply