Mahasiswa USK Ikut Kelas Leadership di Universitas Teknologi Malaysia

Sebanyak delapan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univeristas Syiah Kuala (USK) yang mengikuti program Student Exchange di Malaysia, mengikuti kelas leadership di Universitas Teknologi Malaysia (UTM). (Selangor, 21 Mei 2024).

Kegiatan akademik tersebut turut melibatkan mahasiswa kelas internasional UTM, dosen UTM dan dua dosen pendamping program student exchange dari USK. Materi perkuliahan pertama diisi oleh Dosen Ilmu Komunikasi FISIP USK, Rizzana Rosemary S.Sos., M.Si, MHC., PhD mengenai “Leadership Challenges in Digital Era”. Setelahnya, Nurul Kamaly., M.A.P, Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP USK menyampaikan materi dengan judul “How To Be a Good Leadership”.

Setelah pemaparan materi oleh dosen, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mempresentasikan topik mengenai leadership. Total ada 12 mahasiswa yang maju ke depan kelas, terdiri dari 8 mahasiswa kelas internasional UTM dan 3 mahasiswa USK yaitu, Soraya Agustina, Muhammad Mustika Habibi dan Friga Geuntana Djufri.

Soraya Agustina mengatakan, ia sangat bangga dapat diberi kesempatan untuk berbicara di depan banyak orang baru dengan latar belakang yang lebih beragam. Ia juga merasa senang karena dapat mempelajari mengenai kepemimpinan lebih dalam.

Dirinya menilai kegiatan mengenai kepemimpinan ini juga menarik sekali, karena ia bisa mempelajari lebih dalam. Apalagi di USK materi kepemimpinan ini merupakan salah satu mata kuliah.

“Sangat bangga sekali pastinya bisa presentasi di kelas tadi, apalagi tadi kelas internasional yang pastinya background mahasiswanya lebih beragam, bukan hanya dari Malaysia tapi dari negara lain juga,” ucapnya.