Mahasiswa Tata Boga  USK Pamerkan 78 Hidangan  Hasil Kreasi Bahan Pangan Lokal

Mahasiswa Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, konsentrasi Tata Boga, FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) sukses melaksanakan pameran inovasi makanan. Kegiatan dengan tajuk Kulminasi Cipta Karya Boga 2023 ini, berlangsung di Auditorium fakultas setempat, Sabtu, 13 Mei 2023.

Tahun ini, tema yang diusung ‘IDANG: Inovasi Aneka Hidangan’. Sebanyak 26 mahasiswa tata boga angkatan 2020, menyajikan 78 hidangan, yang merupakan hasil kreasi dan modifikasi menggunakan bahan pangan, yang menjadi kekayaan alam di Aceh. Setiap hidangan memiliki sub-tema, seperti Indonesian Food, Fusion Food, dan Contemporary Drink Innovation.

“Kulminasi Cipta Karya Boga 2023 merupakan puncak dari mata kuliah Cipta Karya Boga, yang menjadi mata kuliah wajib di kurikulum Prodi PKK. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa melalui bimbingan para dosen, melakukan inovasi hidangan dari berbagai bahan, yang tahun ini kembali berfokus kepada kekayaan alam di Aceh,” jelas Ketua Program Studi PKK USK, Rosmala Dewi, S.Pd, M.Pd.

Dosen koordinator kegiatan, Laili Suhairi S.Pd, M.Si, menerangakan, event tahunan ini kembali diadakan secara langsung, setelah selama dua tahun diadakan secara online akibat dari pandemi covid-19. Hasil karya mahasiswa sudah menjalani banyak tahapan selama satu semester, sehingga menghasilkan produk yang layak dan dapat diterima di masyarakat.

Sementara itu, Wakil Dekan III FKIP USK, Drs. Abu Bakar, M.Si menyatakan dukungan penuh terhahap kegiatan ini. Menurutnya, Prodi PKK layak diapresiasi karena menjadi salah satu program studi yang produktif dan terus berinovasi.

“Inovasi yang dilakukan mahasiswa PKK diharapkan dapat meningkatkan potensi usaha, sehingga berdampak dalam peningkatan ekonomi di masyarakat, dengan lahirnya produk-produk baru yang memiliki nilai jual tinggi,” ucap WD III FKIP USK.

Acara ini dihadiri ratusan undangan yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari sivitas akademika USK, meliputi para dosen, tendik, mahasiswa, sejumlah tamu undangan, hingga masyarakat umum.

Leave a Reply