Mahasiswa FKG USK Juara 3 Menggambar Preparat Histologi

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini diraih oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Aliza Khanza yang sukses menjadi Juara 3 di event National Histologi In Action (HIA) 1.0 FKG Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Pada HIA 1.0 tersebut, ada dua kategori kompetisi menggambar Preparat Histologi, yaitu manual dan digital dengan tema yang diusung; Ruang Lingkup Gastroenterohepatologi.

Aliza Khanza berhasil memenangkan event tersebut pada cabang Menggambar Preparat Histologi Kategori Digital, dengan judul karya “Histologi Preparat Duodenum”. Proses pembuatan gambar itu dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi digital illustrator.

Kemudian gambaran preparat didesain dengan variasi pewarnaan yang sesuai, beserta menuliskan bagian-bagian dari preparat menggunakan tinta warna hitam atau biru.

“Gambar preparat yang telah jadi tersebut dikirim dalam format JPG/PNG dengan memperhatikan kualitas gambar. Adapun aspek yang dinilai adalah kesesuaian gambar, keindahan dan kerapian, serta komposisi warna,” kata Aliza.

Kompetisi tersebut berlangsung pada tanggal 1 hingga 20 Juni 2022. Kemudian dilakukan proses penilaian karya dari tanggal 20 Juni – 3 Juli yang diikuti oleh 22 universitas se-Indonesia. Pengumuman pemenang diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2022 dengan Juara 1 dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Juara 2 dari Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma, dan Juara 3 dari FKG Universitas Syiah Kuala.

Leave a Reply