Mahasiswa Farmasi USK Juara I MTQ Nasional

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Universitas Syiah Kuala (USK), Azzam Muttaqien berhasil meraih juara 1 pada Musabaqah Tartil Quran nasional tingkat S1 Farmasi/Apoteker yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI).

Azzam Muttaqien merupakan utusan tinggal dari USK. Pada MTQ ini, terdapat empat kategori dalam perlombaan, diantaranya SMA/MA/SMK Putra, SMA/MA/SMK Putri, Farmasi/Apoteker Putra, dan Farmasi/Apoteker putri. Azzam mendaftar dalam kategori Farmasi Putra.

Dalam babak penyisihan awal, peserta diminta untuk mengirimkan video dengan durasi lima menit membacakan murottal. Video untuk seleksi babak penyisihan dikirimkan pada tanggal 29 April 2022 dan tanggal 6 Mei pengumuman babak penyisihan pun diumumkan.

Dalam pengumuman babak penyisihan tersebut, Azzam berhasil menduduki rangking kedua. Sementara rangking satu diperoleh oleh perwakilan dari Universitas Andalas, dan rangking 3 dari Universitas Bakti Tunas Husada.
 
Selanjutnya, babak final dilakukan pada tanggal 8 Mei melalui zoom, yang juga ditayangkan di youtube BEM Farmasi UNJANI. Dalam babak final, masing-masing peserta diminta untuk mengaji selama lima 5-10 menit.

Pengumuman pemenang dibacakan tanggal 14 Mei 2022 setelah acara penutupan selesai. Azzam berhasil meraih juara 1 pada ajang nasional ini, dengan jumlah nilai 98. Juara 2 diraih oleh perwakilan Universitas Andalas dengan jumlah nilai 95,7, diikuti oleh Universitas Bakti Tunas Husada dengan nilai 94.

Azzam sendiri sebelumnya juga pernah mengikuti Musabaqah Tartil Quran yang dilaksanakan oleh Farmasi UNJANI pada tahun 2021 dan meraih juara 1.

Leave a Reply