Lima Mahasiswa USK Lolos Seleksi Nasional KNMIPA

Lima mahasiswa Universitas Syiah Kuala menorehkan prestasi yang membanggakan, setelah berhasil lolos seleksi Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) tahun 2021. Keputusan tersebut berdasarkan hasil seleksi tingkat wilayah yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sejak tanggal 28 Juni – 3 Juli 2021. (Banda Aceh, 6 Juli 2021).

Lima mahasiswa tersebut lolos pada empat bidang berbeda yaitu matematika, biologi, kimia dan fisika. Adapun kelima mahasiswa ini adalah  Muhammad Rais Shiddiq (matematika) dan M. Zahrul Rahmatillah (biologi) dari Fakultas Kedokteran, Muhammad Farhan (biologi), Putra Thulus Sagala (fisika), Rinatul Mauzirah (kimia) dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Berkat prestasi kelima mahasiswa tersebut, USK berhasil menduduki peringkat pertama dari seluruh perguruan tinggi di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) XIII yang mengikuti kompetisi ini. USK berhasil mengumpulkan nilai 617 mengungguli perguruan tinggi di Aceh lainnya.

Selanjutnya, lima mahasiswa USK ini akan bersaing dengan mahasiswa lainnya di tingkat nasional. Namun sebelum itu, mereka akan mendapatkan pembinaan dari Tim Pengembangan Penalaran dan Kreativitas Mahasiswa (P2KM) USK.

Kompetisi Tingkat Nasional nantinya akan memilih 25 mahasiswa terbaik per bidang dengan perincian masing-masing sebagai berikut: 4 peraih medali emas, 6 peraih medali perak, 10 peraih medali perunggu, dan 5 honorable mention.

KNMIPA merupakan kompetisi nasional yang sangat komprehensif untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki daya saing dan kompetensi unggul dalam bidang MIPA.  Kompetisi ini telah dimulai sejak tahun 2009. KNMIPA dilakukan dalam tiga tahap seleksi, yaitu seleksi Tahap I di tingkat perguruan tinggi, Tahap II di tingkat wilayah, dan Tahap III di tingkat Nasional.

Leave a Reply