Klinik Pratama USK Kerjasama dengan BPJS Kota Banda Aceh

Klinik Pratama Dr. T. Makmur Mohd Zein Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Penanggung jawab Klinik Dr. dr. Zulkarnain, M.Sc, AIFO-K dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh dr. Neni Fajar. (Banda Aceh, 16 Agustus 2022).

Dr. Zulkarnain mengatakan, kerjasama tersebut merupakan upaya USK untuk menjangkau pelayanan kesehatan bagi mahasiswa, dosen, staf dan masyarakat di lingkungan kampus ini.

“Kerjasama ini merupakan harapan bersama dimana kedua pihak dapat mewujudkan pelayanan sesuai standar yang diharapkan oleh masyarakat,” tuturnya.

Pada Pelaksanaan kegiatan ini, BPJS juga mensosialisasikan komitmen Kerjasama antara kedua pihak terkait mekanisme pelayanan serta hak dan kewajiban kedua pihak.

“Hasil kredensial dan kualifikasi kelayakan kerja telah dipenuhi oleh klinik, dan saatnya untuk klinik dapat memberikan pelayanan optimal kepada peserta JKN yang telah terdaftar Klinik Pratama Dr. T. Makmur Mohd Zein,” ujar dr. Neni Fajar.

Sementara itu, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan mengimbau seluruh keluarga besar civitas akademika USK agar dapat menggunakan fasilitas Klinik Pratama dan Rumah Sakit Pendidikan USK untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, kontrol penyakit kronis, layanan imunisasi/vaksin dan mendapatkan pelayanan kesehatan rujukan yang optimal.  

“Tentunya dengan kehadiran kedua fasilitas kesehatan ini akan sangat membantu mahasiswa, dosen, serta staf di lingkungan USK serta masyarakat sekitar wilayah USK untuk mengkonsultasikan kesehatan, ataupun mendapatkan informasi penting tentang penyakitnya sehingga kualitas kesehatannya dapat terjaga dengan baik,” beberapa Rektor.

Untuk diketahui, Klinik Pratama Dr. T. Makmur Mohd Zein melayani Pelayanan Emergensi (UGD), Pelayanan Medik Dasar Pelayanan Poliklinik Gigi dan Mulut, Pelayanan rujukan, Pelayanan home care, Pelayanan Kefarmasian, Pelayanan Laboratorium, Pelayanan Gizi, Pelayanan Promotif dan Preventif.

Antara lain: KIE kepada pasien dan keluarga, Konseling medik, Deteksi dini, Kegiatan yang mendukung program nasional, seperti imunisasi dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan memiliki visi Mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkesinambungan dengan memperhatikan keselamatan pasien.

Pada kegiatan kerjasama itu, turut dihadiri pula koordinator mutu layanan klinik, Ns. Nurul Hadi, M.Kep, serta Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer (PMP) BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Zahlina.

Leave a Reply