Ketua SAU USK Pimpin Forum Dewan Guru Besar Indonesia 2023-2025.

Ketua Senat Akademik Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Abubakar, MS terpilih sebagai Ketua Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FDGBI). Ia akan didampingi Ketua Dewan Profesor ITS, Prof. Dr. Ir. Imam Robandi sebagai wakil ketua. Keduanya terpilih dalam Kongres FDGBI 2023 yang berlangsung 1-2 Desember di USK.

Prof Abu (panggilan akrabnya) akan memimpin FDGBI masa jabatan 2023-2025. Guru besar dari Fakultas Pertanian USK tersebut, melanjutkan estafet kepemimpinan dari Prof. Arief Ansyori Yusuf, M.Sc., Ph.D yang sudah menyelesaikan tugasnya sebagai ketua FDGBI periode 2021-2023 dari Unpad, Bandung.

Prof Abu menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, oleh para guru besar dari berbagai kampus yang ada di Tanah Air. Dirinya menyatakan siap berbuat maksimal demi FDGBI yang lebih baik.

“Dua tahun lalu USK dipilih menjadi wakil oleh Unpad, dan sekarang didorong untuk maju kedepan. Insya Allah USK, dengan kerja keras, kolaborasi bersama, akan memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan FDGBI dan kemakmuran bangsa,” kata Prof Abu.

Kongres IV dan hasil seminar dan rapat komisi FDGBI dengan tema: Sinergi Sektor Pendidikan Tinggi Dalam Pencapaian Indonesia Emas 2045, ditetapkan menjadi program kerja FDGBI 2023-2025.

Senada dengan itu, Prof Imam bersama kerabat dari ITS mengatakan siap mendampingi USK dalam menggerakkan FDGBI, untuk mengisi pembagunan bangsa yang jaya.

“Mari sama-sama membuat FDGBI bekerja lebih nyata kepada masyarakat. Harapan kami kepada Unpad, yang sebelumnya menjadi ketua, tetap mendampingi dan membimbing kami,” ucapnya.

Terpilihnya Prof Abu sebagai Ketua FDGBI 2023-2025 menandai selesainya serangkaian kegiatan forum guru besar tersebut. Selama dua hari di USK, sejumlah persoalan bangsa, terutama pendidikan telah dibahas dan dirumuskan.

“Kami bangga atas kehadiran Forum Dewan Guru Besar Indonesia di USK. Di Aceh, para profesor telah berbagi pengalaman, bertukar pikiran, yang kemudian dirumuskan, untuk kemudian direkomendasikan kepada pemerintah. Insya Allah membawa manfaat bagi pembangunan bangsa, terutama Perguruan Tinggi,” ujar Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan.

Rektor menyampaikan terimakasih kepada Unpad yang telah menjalankan tugasnya dengan baik selama memimpin FDGBI 2021-2023. Prof Marwan mengucapkan selamat kepada Prof Abu beserta kepengurusan yang baru.

“Dengan dukungan bersama, kami yakin kepengurusan yang baru terpilih bisa bekerja maksimal. Guru besar USK ingin berkontribusi lebih untuk bangsa dan global,” pungkasnya.