JTMI USK Tuan Rumah Raker BKSTM Indonesia

Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI) Fakultas Teknik Universitash Syiah Kuala (USK) menjadi tuan rumah rapat kerja (raker) Badan Kerjasama Teknik Mesin Indonesia (BKSTM Indonesia. Raker BKSTM Indonesia Tahun 2021 digelar selama dua hari pada 5-6 April 2021, diikuti 177 peserta dari 103 Departemen/Jurusan/Prodi Teknik Mesin seluruh Indonesia secara daring.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor USK, Prof Dr Ir Samsul Rizal, MEng, IPU. Dalam kesempatan tersebut Rektor USK menyampaikan, pendirian BKSTM memiliki spirit kerja sama Prodi Teknik Mesin di seluruh universitas, baik negeri maupun swasta dapat terlaksana. Sehingga perbedaan (disparitas) antara universitas yang ada di Jawa maupun di luar Jawa dapat diminimalisir.

Prof Samsul melanjutkan,  keinginan bersama untuk membangun bangsa lebih baik, dimana manufaktur negara-negara maju adalah ujung tombak dalam pembangunan di sebuah negara. “Hari ini, Indonesia masih tertinggal di bidang manufaktur. Dengan revolusi industri 4.0, harapannya Indonesia mampu mengikuti perubahan yang sangat cepat di setiap bidang,” paparnya.

Karena itu, Rektor berharap raker BKSTM mampu memberikan target dalam 5 tahun ke depan, seperti disparitas antara satu kampus/jurusan/departemen dengan kampus/jurusan/departemen di kampus yang lain tidak jauh berbeda.

“Mari kita gunakan seluruh kemampuan kita untuk berbagi dalam berbagai hal, misalnya kuliah daring atau bahkan untuk tempat praktikum,” ajaknya.

Ketua Pelaksana BKSTM yang juga Kajur JTMI USK, Dr Irwansyah, ST mengatakan, banyak harapan dari raker kali ini agar dapat merealisasikan apa yang tertuang pada tema besar yang diusung dan sejalan dengan tujuan dan cita-cita bersama pendiri BKSTM.

“Besar harapan, dengan penyelenggaraan Raker BKSTM yang akan datang lebih baik lagi, terutama dalam upaya mempercepat optimalisasi kinerja BKSTM dalam mendukung kebijakan Kampus Merdeka, sehingga dapat meningkatkan kompetitif Program Studi Teknik Mesin se-Indonesia,” ucapnya.

Sekjen BKSTM, Prof Dr Ario Sunar Baskoro, ST, MT, MEng menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh BKSTM untuk melakukan perencanaan kegiatan. Terlebih dalam kebijakan ‘Merdeka Belajar’ yang dibuat oleh Kemendikbud, maka BKSTM juga berperan serta dalam mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

“Harapannya BKSTM ke depannya lebih dapat memberikan sumbangsih pada para anggota, terutama pada bidang kurikulum, termasuk kompenen di dalamnya seperti bidang keilmuan, bahan ajar, laboratorium, dan fasilitas lainnya,” paparnya.

Leave a Reply