Jalin Kerjasama, MyEdu Group Malaysia Kunjungi USK

Wakil Rektor (WR IV) Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Universitas Syiah Kuala (USK), Dr. Ir. Taufiq S, M.Eng, IPU, menerima kunjungan delegasi dari MyEdu Group Sdn Bhd, Malaysia. Pertemuan tersebut berlangsung di ruang wakil rektor, Gedung Biro USK, Kamis, 16 Maret 2023.

Delegasi tersebut dipimpin oleh Jiang Zhongqi, yaitu Group President, dan ditemani oleh dua staf.
Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala UPT. Kantor Urusan Internasional (OIA), Dr. Muzailin Affan., M.Sc, serta perwakilan dari Universitas Ubudayah Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Dr. Taufiq menyambut baik kedatangan delegasi dan perwakilan dari universitas. Pertemuan tersebut membahas kemungkinan kerjasama, dimana calon-calon mahasiswa dari negara cina untuk kuliah di tiga universitas tersebut.

“Kita menyambut baik keinginan untuk melakukan kerjasama, termasuk penerimaan mahasiswa untuk kuliah di Aceh. Beberapa teknis harus dibahas lebih lanjut dengan pihak-pihak fakultas untuk merealisasikan rencana ini”, ungkapnya.

Pada hari berikutnya, pertemuan teknis lebih lanjut dilakukan bersama sejumlah perwakilan dosen USK dari Fakultas Teknik, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Di kesempatan itu, pertemuan dipimpin oleh dr. Iflan Nauval, M.ScIH, Sp.GK (K), Sp.KKLP, AIFO-K, Direktur Direktorat Perencanaan dan Kemitraan USK.
Pertemuan dimulai dengan perkenalan kampus USK secara singkat dan dilanjutkan dengan diskusi kerjasama yang memungkinkan untuk diberlangsungkan.

Sebagai perencanaanya, pihak MyEdu berharap bisa mengirimkan mahasiswa diploma untuk melanjutkan kuliah S-1 selama 1-1,5 tahun di USK, khususnya di dua fakultas, yaitu Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Untuk Fakultas Teknik, mereka berencana untuk mengajukan proposal ke Kementerian Pendikan China (MoE China) untuk mengusulkan program Dual Degree dimana mahasiswa China akan mengambil mata kuliah dari satu kampus di China dan mata kuliah di USK.

Untuk Program ini, mahasiswa hanya akan belajar di China, namun dosen USK akan didatangkan untuk mengajar di sana. Semua pembiayaan akan di tanggung dari Hibah MoE China tersebut. Untuk itu, My Edu akan mengadakan diskusi lebih lanjut dengan pihak USK, guna update terkait kesiapan pihak USK untuk menjalakan program yang telah mereka usulkan.

Leave a Reply