IKAFENSY Serahkan Dokumen Kepengurusan Kepada Pimpinan USK

IKAFENSY Serahkan Dokumen Kepengurusan Kepada Pimpinan USK
IKAFENSY Serahkan Dokumen Kepengurusan Kepada Pimpinan USK

Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (Ikafensy USK) menyerahkan dokumen kepengurusan kepada pimpinan Universitas yaitu Dekan Fakultas FEB dan Rektor USK. Dokumen tersebut diserahkan oleh Ketua Umum PP Ikafensy Amal Hasan dan diterima langsung oleh Dekan FEB Dr. Faisal, MS. MA bersama Wakil Dekan I Dr. Darwanis SE, MSi Ak, CA dan  Wakil Dekan II Murkhana SE MBA di Balai Sidang FEB USK. (Banda Aceh, 15 September 2021).

Selanjutnya, berdasarkan informasi di laman Portalsatu.com, penyerahan dokumen pengurus PP Ikafensy kepada Rektor USK dilakukan di Kantor Pusat Administrasi USK. Penyerahan juga dilakukan Amal Hasan dan diterima oleh Wakil Rektor III Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC.

Amal Hasan mengatakan, penyerahan dokumen tersebut sebagai bentuk laporan sekaligus ajang silaturrahmi antara pihak kampus dengan organisasi alumni.

“Ikafensy tidak lepas dari sejarah dan nama besar Fakultas Ekonomi dan Universitas Syiah Kuala selaku almamater,” ujarnya.

Amal Hasan menambahkan, akademisi dan dosen beserta civitas akademik FEB USK juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Ikafensy. Alumni FEB USK yang tersebar di berbagai daerah dan luar negeri merupakan potensi besar untuk pembangunan.

“Secara semangat, kami ingin selalu diajak oleh fakultas untuk terlibat dalam berbagai kegiatan yang memungkinkan kami untuk berkontribusi, membuka ruang antara alumni dan fakultas. Kita yakin bisa memberikan input yang positif bagi pembangunan kampus,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Dr Faisal menyatakan, alumni merupakan salah satu pilar yang tak bisa dipisahkan dari kampus. Keberadaan alumni juga sangat menentukan akreditasi kampus.

“Aspek yang selalu dosorot itu adalah alumni. Peran alumni sangat sentral dalam penilaian akreditasi,” jelasnya.

Faisal menilai, terbentuknya kepengurusan PP Ikafensy merupakan langkah awal yang baik untuk masa yang akan datang. Peran alumni akan selalu disorot oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Alumni bisa dilibatkan dalam berbagai kegiatan kampus, baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Alumni bisa diundang untuk menjadi pengajar. Bisa menjadi tempat magang mahasiswa. Alumni juga bisa terlibat dalam penyusunan kurikulum. Kampus dan alumni bisa terlibat bersama-sama. Perguruan tinggi besar itu kekuatannya ada di alumni,” jelasnya.

Dalam pertemuan lainnya, hal yang sama juga disampaikan Wakil Rektor III Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC. Ia mengibaratkan antara alumni dengan kampus itu seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan..

“Kami berharap para alumni bisa memberi kesempatan kepada mahasiswa USK untuk magang atau berwirausaha. Kita di USK sudah ada Yayasan Dana Abadi, Ikafensy bisa mengisi ini. Dengan dana abadi nantinya berbagai persoalan bisa diselesaikan. Peran alumni penting untuk mengisi dana abadi itu,” ungkapnya.

Pertemuan dengan pihak Dekan FEB dan Wakil Rekor USK itu ikut dihadiri beberapa penguris PP Ikafensy, di antaranya:  Saiful Bahgia (Wakil Ketua Umum I), Yurizal Fadjri (Sekretaris Jenderal), Muslim Hasan Birga (Wakil Sekretaris Jenderal I), Mentari (Wakil Sekretaris Jenderal III), Hemma Marlenny (Wakil Bendahara Umum II), Zubir Husein (Sekretaris Bidang Organisasi dan Keanggotaan), Fitriati (Sekretaris Bidang Fasilitasi Alumi dan Kesejahteraan Anggota), Azhari Bahrul (Ketua Bidang Publikasi Dokumentasi dan Media), serta beberapa pengurus lainnya.

Leave a Reply