FP USK Dorong Perbaikan Laboratorium

Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (FP USK) terus menapaki zaman dengan sejumlah perbaikan. Salah satu hal utama yang ingin FP selesaikan adalah kelengkapan alat laboratorium di seluruh program studi (prodi).

Hal ini sebagaimana permintaan dosen FP di Safari Ramadhan, Rabu, 12 April 2023. Salah seorang dosen perempuan, meminta alat pembuat aquadest, demi kelancaran penelitian di lab kultur jaringan.

Selain itu, Dosen dari Teknik Pertanian juga meminta penambahan jumlah komputer di lab prodi mereka. Permintaan ini semata-mata demi kelancaran praktik mahasiswa, yang selama ini karena jumlah komputer terbatas, maka sering terkendala di penjadwalan pemakaian lab, karena sering beradu waktu.

Menanggapi hal tersebut, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan yang didampingi seluruh jajaran wakil rektor langsung memberikan respon. Menurutnya, sekalipun anggaran terbatas, ditambah masa transisi PTN-BH, pihaknya akan berusaha menyanggupi demi kebaikan bersama, dengan tetap melihat kondisi dan situasi. Rektor memuji performa FP yang capaian IKU 1 nya mencapai target.

“Capaian IKU FP, mencapai 61 persen. Ini lebih dari target. Banyak fakultas lain yang sulit meraihnya, tapi FP mampu. Namun dengan adanya PTN-BH, FP dan kita semua punya tantangan baru, dimana target yang dipatok lebih tinggi, yakni 80 persen. Ini jadi tantangan kita, agar lulusannya terserap, dan tidak nganggur,” kata Prof Marwan.

Untuk merealisasikan capaian IKU 1 dan 2, serta sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja, USK telah meluncurkan program 1000 Wirausaha Muda.

“Di FP sering ada Expo Mahasiswa. Saya kira di FP juga banyak entrepreneur. Untuk itu, Program model magang juga musti kita tingkatkan. Manfaatnya bisa dilanjutkan dengan bekerja, atau bisa menjadi bekal pengalaman sekaligus peluang kerja di tempat lain. Kalau dulu 1 bulan, ke depan bisa 4 atau 6 bulan,” jelas Rektor.

Untuk diketahui, Safari Ramadhan merupakan kegiatan rutin USK setiap kali bulan suci tiba. Para petinggi kampus beserta jajarannya, mendatangi setiap fakultas untuk menyerap aspirasi langsung para dosen dan tendik. Langkah ini diambil untuk merekatkan silaturahmi, memperkuat kolaborasi, serta modal utama untuk setiap pengambilan kebijakan.

Leave a Reply