FKP USK Sosialisasikan Biota Laut Terancam Punah di Beureunut

Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (FKP USK) menggelar pengabdian kepada masyarakat di Beureunut yang merupakan salah satu gampong di kemukiman Lampanah, kecamatan Seulimeum.

Dalam kegiatan tersebut, USK memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait ikan dan biota laut yang terancam punah. (Aceh Besar, 2 Oktober 2022).

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan langsung oleh tim dosen dari ketiga Program Studi (Prodi) FKP USK yang saling berintegrasi, yaitu Prodi Ilmu Kelautan, Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Dekan FKP USK Prof Dr Muchlisin Z.A, SPi MSc,  Wakil Dekan Dr Muhammadar ST MP dan Dr Nur Fadli, SPi MSc turut hadir dalam memberikan sosialisasi dan kegiatan pengabdian ini. Di mana dalam kegiatan tersebut turut melibatkan sejumlah mahasiswa dari BEM FKP USK.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing Prodi dari FKP USK. Untuk Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Kelautan berupa sosialisasi ekosistem perairan, pelatihan pengolahan hasil perikanan berbasis sumberdaya lokal dan Beach Clean Up di Pantai Beureunut.

Dari Prodi Sumberdaya Perikanan, kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa sosialisasi ikan-biota laut yang dilindungi dan terancam punah serta pencadangan kawasan daerah larangan penangkapan ikan sidat.  Sementara dari Prodi Budidaya Perikanan berupa pelatihan aquascape dalam meningkatkan semangat wirausaha masyarakat.

Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ekosistem perairan yang dihadiri oleh masyarakat dan keuchik Gampong Beureunut, Dekan FKP menyampaikan ucapan terima kasih atas izin dan penyambutan yang telah diberikan oleh penduduk setempat dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian.

“Insya Allah ke depan FKP akan semakin gencar dalam memberikan kegiatan-kegiatan pengabdian sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ucapnya.

Keuchik Gampong Beureunut juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim dosen FKP. Dirinya berharap, mudah-mudahan melalui kegiatan pengabdian ini dapat memberikan motivasi dan ilmu yang bermanfaat bagi mereka, terutama dalam hal mengembangkan ekonomi masyarakat.

Kegiatan pengabdian ini ditutup dengan serangkaian acara family gathering bersama masyarakat di pantai Beureunut.

Leave a Reply