FKP USK-Astra Latih Warga Kelola Mangrove

Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (FKP USK) bekerjasama dengan Astra, melaksanakan program CSR Astra Pilar Lingkungan yaitu Pelatihan Pengelolaan Mangrove, yang berlokasi di Dusun Po Di Amat, Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, 20 Mei 2022.

Pelatihan ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan ulang tahun Astra yang ke-65 dengan kegiatan penanaman sejumlah tanaman bakau. Dosen FKP USK dalam hal ini dimotori Ichsan, S. St. Pi., MP dibantu oleh Sayyid Afdhal El Rahimi, S. Kel., M.Si dan Adli Waliul Perdana, S.Kel., M.Si menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Pengelolaan Mangrove.

Gampong Alue Naga memiliki kawasan mangrove yang telah ada secara alamiah sejak lama. Setelah peristiwa tsunami melanda Aceh 2004 silam, sebagian kawasan mangrove diupayakan untuk dihijaukan kembali agar bermanfaat untuk masyarakat.



“Salah satu target pengelolaan mangrove pada kegiatan ini, untuk menghidupkan kembali semangat warga gampong dan menjaga kepedulian mereka terhadap aset alam yang tak terkira ini. Masyarakat sendiri, sebenarnya telah memahami arti penting mangrove untuk kebaikan manusia,” kata Ichsan.

Lebih jauh, ia menerangkan, diskusi tersebut didominasi oleh kaum ibu. Mereka menyatakan keinginan untuk menghidupkan kembali pembibitan mangrove yang pernah jaya saat rehab rekon pasca tsunami Aceh.

“Berharap melalui niat bersama ini, yang diawali dengan kegiatan pelatihan hasil kerjasama Astra dan FKP USK, maka kita akan bersama-sama menginisiasi kembali hidupnya Kebun Bibit Rakyat yang pernah ada,” jelasnya.

Kegiatan ini, diharapkan mendatangkan manfaat baik jangka pendek maupun masa mendatang. Seperti kehadiran kebun bibit. Di masa yang akan datang, diharapkan dapat memproduksi bibit-bibit mangrove yang akhirnya dapat menjadi sumber pendapatan alternatif bagi warga Gampong Alue Naga.

Leave a Reply