FKG USK Isi Hari Kesehatan Gigi Nasional dengan Mengedukasi 2000 Siswa

Tanggal 12 September telah ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional. Pelaksanaannya akan dijalankan serentak di seluruh Indonesia. diselenggarakan dengan kerja sama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Peringatan tersebut dilaksanakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), PT unilever Indonesia dengan brand Pepsodent, Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (Afdokgi) dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Indonesia (ARSGMPI).

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (FKG USK) akan melaksanakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) pada tanggal 30 November sampai 2 Desember 2022, bertempat di RSGM USK.

Dekan FKG USK, Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd., Sp.KG mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan perawatan  kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat.

“Program BKGN 2022 merupakan koordinasi antara FKG dan RSGM untuk memberikan free dental treatment, school Health Program dan  online consultation tahun ini melibatkan 28 RSGM di seluruh Indonesia,” kata Cut Soraya.

Ia menjelaskan, bentuk kegiatan meliputi, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, penambalan dan pencabutan Gigi, preventive dentistry berupa topikal aplikasi fluar serta teledentistry.

“Target penyuluhan adalah sebanyak 2000 siswa  dan pelatihan untuk guru SD, serta pelayan kesehatan Gigi untuk masyarakat sebanyak 300 orang,” ungkap Dekan FKG USK.

Untuk diketahui, secara nasional, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada hari Senin tanggal 12 September 2022, dan meluncurkan gerakan sikat gigi bersama secara serentak. Melibatkan 780.000 orang siswa sekolah dasar dan berhasil mendapatkan rekor Muri.

Kick off kegiatan ini diselenggarakan di plaza utara gelora Senayan, Jakarta. Sedangkan untuk BKGN dilaksanakan pada 28 Fakultas Kedokteran Gigi dan RSGM di seluruh Indonesia mulai bulan September hingga Desember 2022 dengan berbagai kegiatan.

Leave a Reply