FKG USK Gelar KANINUS 12, Beri Pengobatan Gigi dan Mulut Gratis

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala kembali menggelar Aksi Kemanusiaan Mahasiswa Kedokteran Gigi USK (KANINUS) ke 12 mulai tanggal 2 – 3 September 2022 di Kecamatan Samalanga,Kabupaten Bireuen.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, FKG USK memberikan pengobatan gigi dan mulut secara gratis. Serta menyelenggarakan sikat gigi masal yang diikuti ratusan siswa SD.

KANINUS ke 12 ini, mengangkat tema “Mengabdi deungon keikhlasan, peusaboh rasa deungon kepedulian”. Terdapat 136 mahasiswa preklinik, 40 mahasiswa klinik, 30 PDGI Bireuen, dan 18 dosen FKG USK terlibat di acara ini.

Pembukaan acara dilakukan di Lapangan Puskesmas pada 1 September yang dibuka oleh Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Pemerintah Kabupaten Bireuen Mulyadi,S.E., M.M dan turut dihadiri oleh Wakil Rektor III USK Prof. Dr. Mustanir, M.Sc serta Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III FKG USK, drg. Herwanda M.Kes dan drg. Sri Rezeki, Sp.PM.

Ketua Aksi Kaninus 12 Harlin Tando menjelaskan, pada hari pertama kegiatan ini  yaitu tanggal 2 September 2022 terdapat 11 rangkaian acara non-pengobatan. Di antaranya adalah DHE-SGM (Dental Health Education-Sikat Gigi Masal), PMT (Pemberian Makanan Tambahan), Lomba Mewarnai, Lomba Adzan dan Tartil, Lomba Menghias Sirih, Seminar Remaja, PHBS (Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Bazar Murah.

Lalu  Pojok Kuliner,Medical Check Up (Cek tekanan darah, asam urat, kolestrol, gula darah, dan donor darah), serta Home Visit (Penyuluhan ke rumah warga).

“Seluruh kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari dan dihadiri oleh ratusan pengunjung di Lapangan Puskesmas Samalanga dan SDN 3 Samalanga,” ujarnya.

Lalu di hari kedua, yang merupakan puncak acara Aksi Kaninus 12, pengobatan gigi dan mulut gratis dilakukan di SDN 3 Samalanga. Terdapat pencabutan dan penambalan gigi gratis baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Terdapat 3 pos untuk pengobatan gigi dan mulut tahun ini, yaitu pos pencabutan gigi dewasa, penambalan gigi dewasa, serta pos pengobatan gigi anak (penambalan dan pencabutan gigi anak).

Alhamdulillah, antusiasme masyarakat Kecamatan Samalanga baik sekali untuk acara ini. Melalui kegiatan ini, kami berharap banyak manfaat atau hal baik yang diterima, baik untuk masyarakat maupun untuk panitia sendiri,” ucap Harlin Tando.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen dr. Irwan A Gani  saat menutup kegiatan tahunan FKG USK ini juga turut menyambut baik kegiatan Aksi KANINUS tersebut.

“Acara ini sangat baik untuk kegiatan pengobatan yang diadakan kembali setelah 2 tahun tidak diadakan akibat pandemi covid-19,” ujarnya.

Melalui Aksi Kaninus 12 ini, seluruh elemen Fakultas Kedokteran Gigi USK sangat berharap agar Aksi Kaninus ke depannya akan terus berkembang,  menjadi lebih baik dan semakin luas cakupan masyarakat yang menerima manfaat dari kegiatan ini.

Leave a Reply