FKEP USK Bahas Pentingnya Deteksi Dini Kesehatan Mental

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan kegiatan Webinar Sharing Kesehatan Mental pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 di Banda Aceh. 
Kegiatan ini mengusung tema “Deteksi Dini Kesehatan Mental: Seberapa Penting dan Sehatkah Mentalmu?”. Webinar Kesehatan Mental merupakan salah satu program kerja Departemen PSDM Badan Eksekutif Mahasiswa FKEP USK, dalam bentuk seminar yang ditujukan untuk mahasiswa/i fakultas tersebut. 
Program ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta, tentang pentingnya tujuan dan pelaksanaan deteksi dini kesehatan mental, serta meningkatkan kemampuan peserta dalam menerapkan pola hidup yang baik untuk mewujudkan mental yang sehat.
Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep., Sp.Kep.An selaku WD III FKEP USK mengatakan, tema sangat penting diangkat, mengingat ada banyak individu pada saat ini yang beranggapan bahwa, masalah kesehatan mental bukanlah masalah yang perlu diperhatikan. Maka dalam Webinar ini diharapkan dapat memperbaiki stigma yang salah, terkait pentingnya kesehatan mental ini.
Terdapat 212 peserta yang mendaftar dalam acara Webinar ini yang berasal dari berbagai angkatan di FKEP USK. 
“Semua orang yang hidup pastinya pernah mempunyai masalah dan mengalami stress, penyebabnya adalah stressor yang biasanya berasal dari kehidupan kita” jelas Ns. Martina, M.Kep., Sp.Kep.J selaku pemateri yang juga adalah dosen di FKEP USK.
Nia Mullidayanti selaku ketua panitia berharap, dengan adanya seminar kesehatan ini, kiranya mahasiswa/i lebih peduli terhadap kesehatan mental mereka. Karena kesehatan mental lebih penting dari pada prestasi akademik dan posisi apapun. Ia mengungkapkan, sehatnya mental akan membuat hidup lebih tentram.

Leave a Reply