FISIP USK Bahas Rencana Kerjasama Dengan UiTM Malaysia

Rombongan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Melaka, Malaysia mengunjungi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala dalam rangka kunjungan akademik dan pembahasan rencana kerjasama, Rabu (12/4/23). Rombongan pihak UiTM disambut oleh pimpinan, dosen, serta mahasiswa FISIP USK di Gedung FISIP USK, Banda Aceh. Rombongan UiTM yang berhadir sejumlah 12 orang, meliputi 10 orang mahasiswa dan 2 orang dosen pendamping. Sebagian besar dari mereka berasal dari Fakultas Komunikasi dan Kajian Media UiTM Cawangan Melaka, Malaysia.

Dekan FISIP USK, Dr. Mahdi Syahbandir, S.H., M.Hum. mengatakan, FISIP sangat menyambut baik kunjungan ini. Menurutnya, kunjungan seperti ini dapat menjadi forum yang efektif bagi para dosen dan mahasiswa untuk berdiskusi baik terkait hal-hal akademik maupun non akademik. Forum ini juga akan menghasilkan kesepakatan awal dari rencana kerjasama antara FISIP USK dan UiTM Melaka, khususnya Fakultas Komunikasi dan Kajian Media. Mahdi juga memaparkan tentang tiga hal yang rencananya akan dijadikan fokus kerjasama nanti, yaitu terkait pertukaran pelajar, pertukaran dosen, dan kolaborasi penelitian. Pertukaran pelajar bisa dilakukan seperti program MBKM selama satu semester, atau pertukaran singkat selama beberapa minggu. Sedangkan pertukaran dosen bisa dilakukan dengan cara saling mengirimkan dan menerima dosen untuk mengajar. Selain itu, tambahnya, yang juga penting adalah kolaborasi penelitian. Dimana kedua fakultas ini bisa membahas isu-isu terkini yang dikaji dari berbagai sudut pandang dan negara yang berbeda.

“Kami berharap kerjasama ini akan segera terjalin dan dapat segera dijalankan, sehingga akan meningkatkan kualitas mahasiswa, dosen, serta publikasi di kedua kampus”, kata Mahdi.

Sementara itu, ketua delegasi UiTM yang juga dosen Fakultas Komunikasi dan Kajian Media di sana, Shafezah Abdul Wahab mengatakan, ini adalah kunjungan pertama mereka ke universitas yang ada di Aceh. Shafezah mengaku rombongannya akan berada di Banda Aceh selama empat hari, dan ini merupakan hari pertama mereka dengan aganda kunjungan akademik ke kampus FISIP USK. Di hari kedua, kata Shafezah, rombongan mereka akan mengunjungi Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh (yakesma) untuk melakukan kegiatan pengabdian. Sedangkan di hari berikutnya mereka akan berkunjung ke Kantor Berita Serambi Indonesia, untuk pembelajaran mahasiswa terkait praktik kerja media di Aceh.

Shafezah juga mengatakan, banyak hal yang ingin dilakukan dengan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USK terutama terkait tiga hal yang disampaikan oleh Dekan FISIP sebelumnya. Ketiganya rencana tersebut juga merupakan concern UiTM selama ini, yang juga dijalin dengan berbagai universitas di luar Malaysia.

“UiTM sangat sepakat dengan semua rencana kerja sama ini. Insyaallah saya akan menindaklanjutinya, dan kita akan membahas ini dengan pihak-pihak terkait lainnya nanti secara daring”, jelas Shafezah.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP USK, Dr. Effendi Hasan, M.A., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Keuangan, Ubaidullah, M.A., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Maimun, M.A., Koordinator Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USK, Rahmat Saleh, M.Comn., Koordinator Tata Usaha, dosen, staf, dan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USK.

Leave a Reply