FH USK Selenggarakan Workshop Penulisan Buku Referensi

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (FH USK) menyelenggarakan workshop penulisan buku referensi, dengan menghadirkan pemateri dari Bogor, Epik Finilih secara daring. (Banda Aceh, 21 September 2022).

Workshop tersebut dibuka oleh Dekan FH, Dr. M. Gaussyah, S.H., M.H. Dalam amanatnya, ia turut berbagi pengalaman tentang penulisan buku referensi, yang menurutnya harus mengikuti beberapa ketentuan. Hal ini dibenarkan oleh pemateri.

Namun, menurut Epik, ada perbedaan yang selama ini terjadi dalam memahami buku referensi sekalipun UU 3/2017, PP 75/2019, Permen 22/2022 dan beberapa aturan lain telah mengaturnya.

“Pada dasarnya tidak semua buku adalah buku referensi, tapi semua buku dapat dijadikan sebagai bahan referensi,” jelas Epik, mengawali materi.

Ternyata ada perbedaan definisi dari buku referensi, khususnya di dalam Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit (PO-PAK) Kenaikan Jabatan Akademik/Jabatan Dosen Tahun 2019. Sesuai UU dan PP 75, buku referensi yang dipahami di dalam PO-PAK jatuhnya menjadi buku ilmiah populer. Jadi apa yang disebut buku referensi, sebenarnya malah sumber referensi.

“Menurut PP 75/2019, contoh buku referensi itu adalah kamus, ensiklopedia, atlas, dan lain sebagainya,” imbuhnya mengomentari perbedaan definisi buku referensi.

Selain mengulas buku referensi berdasarkan regulasi, Epik juga menegaskan pentingnya menulis dan berbagi tips tentang cara menulis buku referensi. “Menulis buku referensi harus menentukan sumber primernya dulu, dari mana, bagian dari silabus, skripsi atau tesis, dan banyak lagi sumber referensinya, lalu kebutuhan pembaca, dan juga kebaruan, topik apa yang lagi tren,” jelas Epik.

Meski seharusnya disajikan dalam bentuk yang populer, buku referensi kerap dipandang sulit, bahkan oleh ahli yang membidangi hal tersebut. Menurut Epik, buku yang sulit dipahami ini sejatinya tidak tepat dianggap buku referensi karena menurutnya, buku referensi memiliki pembaca yang beragam dan penyajiannya yang populer.

Leave a Reply