Fakultas Kedokteran Hewan USK Buka Program Kelas Internasional

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala (FKH USK) terus melakukan berbagai program strategis untuk mendukung visi “menjadi institusi yang inovatif, mandiri, dan terdepan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan sumber daya manusia yang handal dalam pengembangan dan penerapan teknologi kedokteran hewan di tingkat internasional pada tahun 2030”.

Fakultas yang saat ini telah memperoleh pengakuan internasional dari lembaga akreditasi ASIIN, Jerman, sejak tahun akademik 2022/2023 lalu, kini telah membuka program kelas internasional. Kelas khusus ini diselenggarakan melalui seleksi secara ketat terhadap mahasiswa baru yang berminat, khususnya kemampuan berbahasa inggris. Hingga saat ini  pada tahun akademik 2023/2024 sudah terdapat dua angkatan mahasiswa untuk program kelas internasional tersebut.

Pada program kelas internasional ini, pembelajaran diberikan dalam bahasa inggris. Perkuliahannya, selain diberikan oleh dosen tetap, juga diisi oleh para dosen tamu yang berasal dari perguruan tinggi ternama dari luar negeri. Diantaranya adalah para dosen dari Malaysia, Belanda, Swiss, Perancis dan Republik Ceko, yang saat ini juga memiliki Kerjasama dengan FKH USK.

Salah satu dosen yang baru-baru ini menjadi pengajar tamu adalah Prof. Dr Mohd Azam Khan, dari Fakulti Perubatan Veterinair Universiti Malaysia Kelantan (FPV UMK). Pada kesempatan tersebut, selain memberi materi ilmu kedokteran hewan, Prof. Azam juga merangsang motivasi para mahasiswa untuk percaya diri dan siap bersaing di tingkat global.

Dekan FKH USK, drh. Teuku Reza Ferasyi, MSc., PhD., menyampaikan bahwa program kelas internasional FKH USK dibuka untuk menjaring bibit -bibit unggul yang dapat dibina untuk meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, dengan keberadaan kelas internasional tersebut juga mampu menghadirkan atmosfer akademik yang berbeda dengan kelas reguler. Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan akan banyak peminat dari luar negeri untuk menempuh Pendidikan melalui program kelas internasional di FKH USK. Khususnya melalui program penguatan FKH USK menjadi Center of Excellence for Conservation Medicine di masa yang akan datang.

Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Marwan, menyampaikan bahwa kehadiran program kelas internasional di FKH USK, bersama dengan beberapa program kelas internasional lainnya semakin memperkuat pondasi USK sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang sedang melangkah menuju World Class University.

“Kami berharap agar program kelas internasional FKH USK dapat menjadi salah satu unggulan untuk menarik minat mahasiswa asing menempuh Pendidikan di USK, dan membangun jejaring kerja sama internasional, khususnya dalam bidang Kesehatan satwa liar di Aceh dan Sumatera,” ucap Rektor.

Leave a Reply