FAKULTAS HUKUM UNSYIAH DAN KEJATI ACEH AKAN BENTUK PUSAT RISET KEJAKSAAN UNSYIAH

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh. Hal tersebut ditandai dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian yang dilaksanakan pada Jumat, (11/12) di Aula Fakultas Hukum Unsyiah Lt. 2 Darussalam – Banda Aceh.

Penandatanganan naskah kerjasama tersebut ditandatangani oleh Dekan Fakultas Hukum Unsyiah, Prof. Dr. Ilyas, S.H., M.Hum dan Bapak A. Jazuli, S.H.,M.H. selaku Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Aceh, disaksikan oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Dr. Muhammad Yusuf, S.H., MH.

Dalam sambutannya, Rektor Unsyiah menyambut baik kerjasama antara Unsyiah dengan Kejati Aceh yang nanti akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Pusat Riset Kejaksaan Unsyiah. Pembentukan Pusat Riset Kejaksaan ini merupakan manifestasi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kita berharap Pusat Riset Kejaksaan yang dibentuk nanti akan menjadi laboratorium tempat pembelajaran bersama bagi Fakultas Hukum Unsyiah dan Kejaksaan Tinggi Aceh”, tegas Samsul.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Fakultas Hukum Unsyiah, Dr. Azhari, S.H., MA., MCL juga mengatakan, Pusat Riset Kejaksaan Unsyiah ini juga akan menjadi sarana pembelajaran penting bagi para mahasiswa.

“Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama ini juga menjadi payung hukum bagi pengembangan Mata Kuliah Pendidikan, Latihan dan Kemahiran Hukum (PLKH) berupa praktik pidana, kegiatan magang bagi para mahasiswa untuk etika profesi hukum”, sebut Dr. Azhari, S.H., MA., MCL.”, kata Azhari.

Azhari juga menambahkan, pembentukan pusat riset juga sebagai salah satu upaya Fakultas Hukum untuk turut serta ambil bagian dalam membenahi dan memperkuat bidang penegakan hukum berupa kajian/analisis, pendampingan, pelatihan, tutorial, pengiriman pakar dan lainnya, khususnya di bidang penuntutan yang menjadi tugas dari instansi Kejaksaan di Wilayah Aceh.

Sementara, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh, Dr. Muhammad Yusuf, S.H., M.H mengapresiasi Fakultas Hukum Unsyiah yang selama ini telah menjadi mitra strategis Kejati Aceh selaku instansi vertikal dalam melaksanakan tugas penuntutan sebagai bagian dari rangkaian proses penegakan hukum di Indonesia, dalam hal ini khususnya di wilayah Aceh.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani sebelumnya oleh Rektor Unsyiah dan Kajati Aceh, Dr. Muhammad Yusuf, S.H., M.H pada Selasa, 15 September 2020 lalu.

Kegiatan ini turut dihadri oleh Koordinator Magister Ilmu Hukum (MIH) Fakultas Hukum Unsyiah, Koordinator Doktor Ilmu Hukum (DIH) Fakultas Hukum Unsyiah, Koordinator Magister Kenotariatan (MKn) Fakultas Hukum Unsyiah, Ketua Program Studi Sarjana (S1) Fakultas Hukum Unsyiah, Para Ketua Bagian di Lingkungan Unsyiah, Kepala Laboratorium dan Klinis Hukum Unsyiah, Ketua LKBH Fakultas Hukum Unsyiah, serta sejumlah rombongan delegasi dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh.

Leave a Reply