EduRank Tempatkan USK Peringkat 14 PTN Terbaik Indonesia

Lembaga Pemeringkatan Dunia EduRank menempatkan Universitas Syiah Kuala pada peringkat ke-14 sebagai perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia, dari 562 kampus di Indonesia yang masuk dalam daftar pemeringkatan tersebut. Informasi ini berdasarkan publikasi lembaga pemeringkatan dunia yang berbasis di Amerika Serikat tersebut pada laman resminya. (Banda Aceh, 27 Januari 2023).

Adapun peringkat pertama PTN terbaik di Indonesia berdasarkan laporan EduRank ini adalah Universitas Indonesia. Lalu diikuti Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, IPB University dan Universitas Padjajaran.

Secara umum laporan EduRank ini menjelaskan, USK berada pada peringkat 14 di tingkat  nasional, peringkat 504 di Asia dan peringkat 1.778 secara global.

Posisi pemeringkatan ini dinilai berdasarkan tiga indikator yaitu hasil penelitian atau Indeks EduRank. Terkait hal ini, USK memiliki 10.697 publikasi dan 27.987 kutipan yang dikaitkan dengan universitas. Lalu indikator lainnya adalah reputasi non-akademis dan dampak dari alumni terkemuka.

Selain itu, USK berhasil meraih skor Top 50% di 16 topik penelitian. Di mana sejumlah bidang keilmuan USK mampu meraih posisi yang cukup baik di tingkat nasional.

Misalnya, ilmu lingkungan peringkat 7, matematika peringkat 9,  Keteknikan 10, Kedokteran peringkat 10, fisika peringkat 10, Kimia peringkat 11, Biologi peringkat 14, dan ilmu sosial peringkat 18.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan USK masuk dalam jajaran perguruan tinggi terkemuka di Indonesia berdasarkan laporan EduRank ini. Menurutnya, capaian ini menjadi catatan istimewa dalam perjalanan USK sekaligus kebanggaan kolektif bagi masyarakat Aceh.

“Alhamdulillah, capaian ini menjadi catatan istimewa sekaligus motivasi bagi USK. Karena kita telah berkomitmen, untuk terus mengembangkan perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Aceh ini,” ucap Rektor.

Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si turut menyampaikan rasa syukur atas prestasi ini. Dirinya menilai,  USK selalu memberikan perhatian serius terhadap laporan-laporan yang dipublikasikan lembaga pemeringkatan dunia seperti ini.

Pasalnya, setiap pemeringkatan tersebut dinilai berdasarkan parameter atau indikator tertentu. Meskipun selama ini USK punya acuan tersendiri terhadap kinerjanya, yaitu berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas yang telah ditetapkan oleh Kementerian.

“Karena laporan pemeringkatan dunia seperti EduRank ini bisa menjadi acuan atau bahan evaluasi USK untuk meningkatkan kinerjanya. Dan kita bersyukur, USK mampu bersanding dengan PTN terbaik di Indonesia,” ucapnya.

Leave a Reply