Dosen USK Motivasi Santri Study ke Luar Negeri

Dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN), FKIP, USK memberi motivasi kepada para santri dan santriwati Pesantren Dayah Terpadu Almuslimun, Lhoksukon. Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengabdian Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.  

“Senangnya Kuliah Ke Luar Negeri Dengan Beasiswa” adalah topik yang dibahas pada acara ini yang disambut gembira oleh para santri. Acara dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021 di Aula IPA dengan menerapkan prokes Covid 19. Koordinator MPBEN USK, Dr. Iskandar Abdul Samad, MA, menjadi pembicara  utama pada sesi motivasi ini. Dia memaparkan tentang betapa enak dan bangganya kita dapat kuliah ke luar negeri dengan beasiswa. 

“Upayakan semua para santri dan santriwati untuk melanjutkan kuliahnya dengan beasiswa ya. Kalian nanti akan rasakan gimana enaknya dan bangganya kalian terhadap prestasi yang telah diraih itu. Sekarang banyak sekali beasiswa yang tersedia untuk para santri, baik yang berasal dari Pemerintah Aceh, Indonesia ataupun dari luar negeri. Jadi perlu siapkan diri untuk meraihnya,” ucap Iskandar.

Iskandar juga menjelaskan banyaknya manfaat bagi sswa ataupun mahasiswa yang melanjutkan studi dengan beasiswa.  Diantaranya, engan dana beasiswa, menambah network, bisa jadi inspirator bagi kawan-kawan lain, menambah pengetahunan dan keahlian, dan sebagainya.

Dr. Kismullah, S.Pd, M.Appling, Kordinator S1 Bahasa Inggris USK menuturkan bahwa hal terpenting yang harus disiapkan dalam upaya mendapatkan beasiswa ke luar negeri adalah kemampuan mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi.

“Beasiswa sekarang banyak sekali telah disediakan oleh pemerintah kita dan pemerintah luar negeri. Untuk memudahkan meraihnya adalah dengan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, salah satunya adalah mampu mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi”, jelas Kismullah.

Senada dengan itu, Masrizal, S.Pd.I., M.Ed, dosen Bahasa Inggris USK, menambahkan bahwa ada beberapa jenis tes Bahasa Inggris yang diakui oleh pemberi beasiswa yang menjadi pilihan bagi para pelamar beasiswa.

“Ada beberapa jenis tes Bahasa Inggris yang dapat disiapkan oleh para pelamar beasiswa misalnya TOEFL IbT, TOEFL ITP, IELTS dan Duolingo. Keempat jenis tes ini diakui oleh pemberi  beasiswa,” jar Masrizal.

Leave a Reply