Dosen USK Bahas komunikasi Resiko pada Simposium Internasional di Malaysia

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik prodi Ilmu Komunikaso Universitas Syiah Kuala Rizanna Rosemary, S.Sos., M.Si, MHC.,PhD hadir sebagai salah satu pemateri pada kegiatan simposium internasional di Universitas Teknologi Malaysia UTM). Pada kegiatan tersebut, Dosen USK ini menyampaikan topik tentang etika komunikasi atau “Komunikasi resiko”.

Kegiatan Simposium ini merupakan kolaborasi antara dosen USK dan UTM, yang membahas peluang kerja, teknologi, etika, dan komunikasi risiko. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Makmal Fisiologi dan Kognitif School Of Human Resource Development and Psychology (SHARPS) UTM. (Selangor, 19 Mei 2024).

Adapun pemateri lain dalam kegiatan ini adalah Dr. Irmawati Binti Norazman (Dosen SHARPS UTM), Dr. Azra Ayue Binti Abdul Rahman (Dosen SHARPS UTM), dan Dr. Mohd. Sharial Bin Bungsu (Dosen SHARPS UTM).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 11.15 dan berlangsung hingga pukul 13.00 waktu Malaysia. Topik pertama dibawa oleh Dr. Irmawati Binti Norazman berjudul “Peluang kerja HR dan kaitannya dengan AI” lalu dilanjutkan oleh Dr. Azra Ayue Binti Abdul Rahman menyampaikan tentang “Perspektif teknologi maklumat dan komunikasi (ICT)”, Dr. Mohd. Sharial Bin Bungsu membahas mengenai “Peran etika dalam mendukung tanggung jawab sosial”.

Peserta simposium tersebut berjumlah sekitar 40 orang, 8 di antaranya adalah mahasiswa FISIP USK, dan selebihnya adalah mahasiswa SHARPS UTM.

Salah satu mahasiswi SHARPS UTM, Khairin Binti Sahruddin menyampaikan bahwa ia mendapat banyak pengetahuan dari acara ini, salah satunya mengenai komunikasi resiko yang disampaikan Rizzana Rosemary.

Menurutnya, setelah mengikuti kegiatan ini ia mendapat banyak manfaat seputar public sosial, responsibility. Apalagi saat ini teknologi AI telah memberi dampak yang luas khususnya dalam komunikasi.

“Sekarang ini AI banyak sangat digunakan. Saye (saya) juge (juga) jadi lebih aware pasal risk communication yang dibentangkan Doktor Rizzana,” jelas Khairin.