Dosen FEB Unsyiah Jadi Peneliti Tamu di Bangor University, Wales

Dr. Heru Fahlevi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, terpilih menjadi peserta Research Visits in Europe for Senior Faculty Members 2019. Program tersebut merupakan salah satu program dari OPTBANK Project (OPTimizing Research & Doctoral Programs in BANKing and Finance in Indonesian Universities). Proyek tersebut merupakan program kerja sama 4 universitas di Eropa (yang dipimpin oleh Université de Limoges, Perancis) dan 6 universitas di Indonesia (yang dikoordinir oleh Universitas Sebelas Maret). Proyek yang telah dimulai 2 tahun yang lalu ini, didanai sepenuhnya oleh Erasmus+, programnya Uni Eropa.

Bersama dengan Dr. Azwardi, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, kedua dosen senior yang terpilih ini berangkat ke Wales akhir Oktober 2019 untuk melanjutkan proposal risetnya masing masing di Bangor Business School, sebuah kampus bisnis terbaik di Eropa.

“Saya melakukan riset terkait Integrated Reporting dan perannya dalam peningkatan kinerja bank. Proposal saya alhamdulillah terpilih dan di sini saya diberi fasilitas untuk menyelesaikannya” ujar Dr. Heru yang juga Editor in Chief Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, Prodi Akuntansi, Universitas Syiah Kuala, Senin (25/11).

Selama kunjungannya di Bangor University, Dr. Heru juga menyempatkan diri menghadiri seminar hasil penelitian dengan pemateri dosen dan mahasiswa program doktor di Bangor Business School dan juga dosen tamu dari Universitas Inggris lainnya. Ia juga menyempatkan bertemu dengan dosen yang memiliki kemiripan research interest untuk menyepakati ide ide riset kolaborasi bersama untuk dilakukan di masa mendatang. Hal yang paling menarik yang ia dapatkan adalah kesempatan untuk berdiskusi lama dengan Head of Bangor Business School, Prof. Jon Williams, salah satu peneliti aktif yang publikasinya sudah sering muncul di jurnal perbankan dan keuangan internasional ternama.

“Dari diskusi kami, saya mendapatkan sejumlah tips bagaimana merancang ide riset yang menarik dan dapat diterima di jurnal terbaik. Juga mengenai strategi membagi waktu antara kegiatan administratif, manajerial, dan riset. Ia juga mengingatkan tujuan utama dari program OPTBank, yaitu meningkatkan jumlah publikasi peneliti Indonesia di jurnal terbaik di keuangan dan perbankan serta kapasitas universitas di Indonesia dalam menyelenggarakan program doktor dengan standar internasional pada bidang keuangan dan perbankan”.

Selain Research Visits in Europe for Senior Faculty MembersOPTBANK project juga memiliki program lain yaitu Research Training for Junior Faculty MembersSummer School for Doctoral Students dan Exchange of Best Practices Visit of Research Management Staff. Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses pada laman https://optbank.org/ (Humas Unsyiah/fer)