Dikti Apresiasi Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan di USK

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) memberikan apresiasi kepada Universitas Syiah Kuala dalam mendukung pelaksanaan program Beasiswa Afirmasi Pendidikan (ADik) di Kampus tersebut. (Banda Aceh, 21 Juli 2022).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Tim Teknis Puslapdik  Dikti Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS saat mengunjungi mahasiswa penerima beasiswa ADik di UPT Asrama USK.

Prof. Yonny mengatakan, setidaknya ada dua hal yang patut diapresiasi terhadap USK terkait penyelenggaraan beasiswa ADik ini. Pertama, Dikti menyampaikan terima kasih atas kesediaan USK untuk menampung para mahasiswa penerima beasiswa ini.

Di mana mereka berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, khususnya daerah 3 T. Meskipun demikian, USK tetap komitmen dalam memberikan layanan pendidikannya secara optimal.

Kedua, Dikti turut mengapresiasi atas kebijakan USK yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa ini untuk tinggal lebih lama di Asrama. Mengingat jika merujuk aturan dan beberapa perguruan tinggi lainnya, mereka hanya boleh tinggal di Asrama selama dua semester.

Menurut Prof. Yonny, kebijakan tersebut sangat membantu mahasiswa. Untuk itulah, ia berharap USK dapat membangun lebih luas lagi asramanya.

 “Kami sangat apresiasi, mudah-mudahan anak-anak yang belajar di USK ini akan menjadi anak yang tertib,yang memahami adat istiadat dan menghargai keberagaman,” ucap Prof. Yonny.

Pada kesempatan ini, Prof. Yonny melakukan dialog dengan sejumlah mahasiswa penerima beasiswa ADik. Dirinya  turut memberikan motivasi kepada mahasiswa agar sungguh-sungguh belajar dan mempercepat masa studinya. Prof. Yonny optimis, dengan bekal ilmu yang telah mereka dapat di USK maka kesempatan mereka untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar.

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah mahsiswa juga menyampaikan pengalamannya selama kuliah di USK. Di antaranya, bagaimana mereka beradaptasi dengan masyarakat, suasana pendidikan, dan berbagai hambatan lain yang mereka alami.

“Salah satu temuan menarik dari pertemuan hari ini adalah, mahasiswa ini ingin stay longer di Asrama. Tapikan peraturannya gak boleh, karena itulah kami berterima kasih kepada USK atas kebijakannya,” ucapnya.

Dalam kunjungan ini, Prof. Yonny turut didampingi oleh Wakil Rektor III USK Prof. Dr. Mustanir, M.Sc, Kepala UPT Asrama USK Dr. Drs. Amiruddin, M.Kes., AIFO, dan Sub Koordinator Bagian Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa Hairul R, S.T., M.Si,

Leave a Reply