Delegasi dari UPSI Malaysia Kunjungi USK

Delegasi dari University Pendidikan Sultan Idris (UPSI) mengunjungi Universitas Syiah Kuala (USK) pada Kamis, 16 Mei 2024 yang berlangsung di ruang Balai Senat, USK. Delegasi UPSI Malaysia disambut oleh Dr. Muzailin Affan. M.Sc selaku Kepala Office of International Affairs (OIA) USK.

Dr. Muzailin Affan. M.Sc dalam sambutannya menyampaikan  keerja sama antara USK dan UPSI sudah berlangsung sejak lama dan ada beberapa kegiatan akademik yang sukses dilaksanakan seperti program exchange mahasiswa FKIP Bahasa Inggris ke UPSI, Program Kepemimpinan Islamic Ulul Albab, dan sebagainya

Dirinya menambahkan, USK dan UPSI juga sama-sama pernah menjadi anggota Konsorsium Asia Pacific Perguruan Tinggi dimana kedua universitas memiliki keunggulan di bidang Keguruan atau FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan).

“Selain itu, keduanya juga pernah sama-sama menjadi anggota IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) UNINET (University Network) di mana antar 32 total anggota universitas UNINET ini, USK dan UPSI saling bekerja sama,” tambahnya.

Kemudian Dr. Muzailin Affan memperkenalkan secara singkat kampus USK dan beberapa fakultas, salah satunya adalah fakultas Kedokteran Hewan yang menjadi fakultas favorit di Indonesia, kususnya USK.

Delegasi UPSI Malaysia di pimpin oleh Associate Prof. Ts. Dr. Che Ghani bin Che Kob selaku Principal of Off-campus Residential Unit UPSI, pada kunjungan tersebut menyampaikan bahwa tujuan kedatangan delegasi adalah sebagai media saling bertukar gagasan dan media diskusi antara mahasiswa UPSI dan USK.

“Antara mahasiswa UPSI dan USK agar bisa saling berdiskusi hal-hal yang menarik yang bisa dilaksanakan baik di UPSI ataupun di USK untuk kedepan”, ucap Associate Prof. Ts. Dr. Che Ghani bin Che Kob.

Setelah agenda perkenalan kampus UPSI, pertemuan tersebut dilanjutkan dengan sesi presentasi dan diskusi serta tanya jawab antara dua pihak yaitu USK dan UPSI.

Delegasi UPSI terdiri dari 31 anggota mahasiswa/i, dan 6 anggota pendamping. Selain agenda berkunjung ke USK, delegasi UPSI juga memiliki agenda untuk mengunjungi salah satu daerah penghasil tiram didesa Kajhu Aceh Besar, sekaligus sharing ilmu mengenai budidaya tiram kepada masyarakat disana.