Dekan FK USK Lantik Dokter dan Lulusan Magister Kesehatan Masyarakat

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Maimun Syukri Sp.PD (K) melantik dan mengambil sumpah kepada 40 orang lulusan Profesi Dokter, 2 Magister Kesehatan Masyarakat, 10 Pendidikan Dokter dan 5 Psikologi.  Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring tersebut dilaksanakan dari Aula Fakultas Kedokteran USK. (Banda Aceh, 15 Juli 2021).

Dalam sambutannya, Prof. Maimun mengatakan bahwa pelantikan hari ini terasa istimewa, karena seluruh mahasiswa USK yang mengikuti  ujian kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter MCQs-CBT untuk periode Mei 2021 lalu berhasil lulus 100%.

Pencapaian ini, menurut Prof. Maimun, sangatlah berarti bagi FK USK. Untuklah, Prof. Maimun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya untuk terus menguatkan FK USK secara institusi.

Alhamdulillah, bisa lulus semua. Mudah-mudahan persentase kelulusan ini bisa terus dipertahankan, paling tidak persentase kelulusan kita berada di atas 90%,” ucapnya.

Terkait Program MKM, Prof. Maimun menyampaikan lulusan hari ini merupakan alumni gelombang kedua MKM USK. Pada pertengahan Juni 2021 lalu, FK USK berhasil melantik lulusan perdana MKM sebanyak 24 orang.

Prof. Maimun pun menyampaikan rasa syukur, karena hari ini Prodi MKM USK telah mendapatkan akreditasi B. Pencapaian ini secara tidak langsung berhasil menarik minat orang untuk melanjutkan pendidikannya di prodi tersebut.

“Saya mendapatkan kabar bahagia, Alhamdulillah untuk tahun ini sudah ada 29 orang yang mendaftar di program MKM USK.  Inilah berkah dari akreditasi B,” ucapnya.

Untuk prodi Psikologi, Prof. Maimun berpesan untuk terus berinovasi. Sebab saat ini ruang lingkup ilmu psikologi sudah sangat luas. Hanya saja, FK USK belum bisa membuka program magister untuk prodi tersebut karena keterbatasan sumber daya manusia. Namun Prof. Maimun optimis, dalam dua tahun kedepan FK USK akan memiliki SDM yang memadai sehingga dapat membuka program magister untuk psikologi.

Sementara kepada lulusan pendidikan dokter yang akan internship di rumah sakit, Prof. Maimun berpesan, untuk selalu menjaga sikap khususnya cara berkomunikasi. Baik kepada pasien, keluarga pasien maupun dengan  tenaga kesehatan lainnya.

“Komunikasi yang baik harus dijalankan. Selama ini kita telah belajar komunikasi di-skill lab, semua cek list skill lab itu poin utamanya adalah komunikasi,” ucap Prof. Maimun.

Selanjutnya, Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan yang hadir secara daring menyampaikan selamat kepada semua lulusan tersebut. Serta terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan USK untuk mendidik anak mereka.

Prof. Marwan berharap, pengalaman yang mereka dapatkan selama pendidikan, semoga menjadi bekal untuk  mereka melakukan pengabdian di masyarakat.

Selain itu, Prof. Marwan mengajak lulusan FK USK tersebut untuk meningkatkan kemampuannya terhadap teknologi informasi. Sebab saat ini sudah banyak peralatan medis ataupun pelayanan kesehatan yang berbasis digital.

“Salah satu karakteristik lulusan USK adalah semangat untuk terus belajar. Jadi, kami sangat mendorong kalian untuk terus mengembangkan diri atau meningkatkan kompetensi,” ucapnya.

Leave a Reply