Danrindam IM Kunjungi USK

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Marwan menerima kunjungan Danrindam Iskandar Muda (IM), Kolonel Inf Kristomei Sianturi, S.Sos., M.Si.(Han). Pertemuan kedua pihak ini dalam rangka mempererat kerjasama, yang berlangsung di Ruang Rektor USK. (Banda Aceh, Senin 18 Juli 2022).

Kristomei menyoroti pentingnya keberadaan Resimen Mahasiswa atau dikenal dengan sebutan Menwa. Menurutnya, UKM yang sejatinya menjadi wadah bela negara bagi, mahasiswa, di Aceh belakangan ini sudah banyak yang tutup.

“Sebelumnya kita pernah bekerjasama mengenai program bela negara untuk mahasiswa. Ke depan, ini bisa juga diperluas untuk tenaga kependidikan, atau dosen,” kata Kristomei.

Danrindam IM menyebutkan, pihaknya siap menfasilitasi mahasiswa untuk menjadi Menwa jempolan dengan didikan resmi.

Sementara itu, Rektor USK mengaku sangat mendukung adanya keselarasan dan keseimbangan antara kegiatan akademisi dan militer. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti pendidikan karakter, penguat ideologi, juga hal terkait kebugaran jasmani.

“Nanti kita harapkan di Pakarmaru bisa hadir teman-teman di Kodam IM. Banyak kegiatan lain juga yang bisa dijalankan bersama, kegiatan olahraga seperti senam, tenis, sepeda, bulutangkis, dan banyak lagi,” jelas Prof Marwan.

Lebih jauh disampaikannya, bahwa hubungan USK dengan Kodam IM selama ini berlangsung harmonis, salin mendukung satu sama lain. Paling anyar misalnya, pelaksanaan vaksinasi saat pandemi Covid-19. Kedua pihak juga telah lama memiliki MoU.

“Kalau ada, kedepannya bisa kegiatan di MBKM, KKN, UMKM atau penelitian bersama yang manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat,” ujar Rektor USK.

Leave a Reply