Dahlan Iskan Kagumi Produk Inovasi ARC-PUIPT Nilam USK

Mantan Direktur Utama PLN dan Menteri BUMN Dahlan Iskan menyampaikan rasa kagumnya terhadap berbagai produk inovasi ARC-PUIPT Nilam Universitas Syiah Kuala. Rasa kagum tersebut diungkapkan Dahlan Iskan saat mengunjungi pusat riset nilam USK tersebut. (Banda Aceh, 10 Juni 2023).

Dahlan menilai, hilirisasi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi seperti ini menjadi salah satu faktor penting yang harus terus dilakukan. Karena hal ini dapat  meningkatkan nilai tambah dari suatu komoditas.

“Ini mengagumkan, inovasi luar biasa yang telah dilakukan sehingga minyak mentah nilam bisa dikembangkan untuk berbagai produk yang bernilai ekonomi tinggi dan diterima oleh pasar,” ucap Dahlan.

Karena itulah, dirinya mengajak para peneliti di kampus untuk terus berinovasi dan memberi karya terbaiknya untuk bangsa dan negara.

Kunjungan tersebut di dampingi oleh Kepala ARC, Syaifullah Muhammad dan Pengurus Teras ARC lainnya serta 3 sayap bisnis ARC yaitu Koperasi Inovasi Nilam Aceh (Inovac), PT. U Green Aromatics International, dan PT. Biona Ceudah Rupa.

Dalam kunjungan tersebut kepada Dahlan Iskan diperlihatkan berbagai proses produksi minyak nilam dari daun nilam hingga berbagai produk turunan seperti parfum, serum antiaging, body lotion, aroma terapi, hand sanitizer, pure essential oil untuk mobil dan ruangan serta berbagai produk turunan lainnya.

Syaifullah menjelaskan bahwa dalam 5 tahun terakhir telah terbentuk ekosistem baru dari tata niaga nilam yang berkeadilan untuk semua stake holder nilam khususnya di Aceh, mulai petani, penyuling, pengumpul, eksportir hingga end user minyak nilam.

Syaifullah juga menjelaskan bagaimana dengan inovasi science and technology para peneliti di ARC telah berhasil menciptakan berbagai produk inovasi yang memiliki potensi nilai ekonomi tinggi. Di mana hingga saat ini 57 ilmuan USK yang tergabung di ARC dengan berbagai kepakaran terus memberikan karyanya untuk pengembangan nilam di Aceh.

“Di masa yang akan datang, kolaborasi dengan dunia usaha diharapkan dapat terus berkembang sehingga volume ekonomi dapat mengalami scaling up dan memberi dampak signifikan terhadap ekonomi masyarakat,” ucap Doktor lulusan Chemical Engineering Curtin University Australia ini.

Selanjutnya, Syaifullah juga berharap Dahlan Iskan dapat berkenan menjadi mitra ARC-USK dalam mengembangkan industri nilam Aceh ini sehingga berkontribusi bagi kesejahteraan rakyat Aceh.

Rektor USK, Prof. Marwan yang dihubungi secara terpisah, menyambut gembira kedatangan Dahlan Iskan ke USK. Rektor menyampaikan dirinya masih tugas dinas di Jakarta dan menyampaikan salam untuk Dahlan Iskan.

Rektor berharap, semoga ada kerja sama yang bisa terjalin di masa mendatang untuk kemajuan USK dan juga mitra-mitra USK.

“Semoga kehadiran Pak Dahlan Iskan memberi semangat tambahan untuk pengembangan kewirausahaan dalam berbagai bidang dan aspek di kampus USK yang pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Aceh,” ucap Rektor.

Dalam kesempatan tersebut Dahlan Iskan juga mencoba berbagai produk hasil riset dan inovasi ARC USK yang dikomersialisasikan oleh Koperasi Inovac dan PT. Biona Ceudah Rupa.

CEO Biona, Adinda Gusti Vonna merasa sangat gembira dengan kunjungan Dahlan Iskan. Dinda menyerahkan souvenir berupa Serum Antiaging dan Mouisturizer Biona. Kepada Dahlan, Dinda juga menjelaskan bahwa PT. Biona Ceudah Rupa merupakan Perusahaan Start Up binaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui program insentif Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR).

“Biona melakukan komersialisasi hasil riset ARC USK untuk produk skin care series meliputi facial wash, toner, serum antiaging dan mouisturizer,” jelas Dinda

Dalam satu tahun terakhir Biona sudah tampil di Inari Expo Cibinong Jawa Barat, yang merupakan ekspo hasil inovasi iptek terbesar di Indonesia serta 2 kali mewakili Indonesia dalam ajang internasional di Singapura dan Kamboja.

“Lalu pada Juni ini Biona kembali diundang mewakili Indonesia untuk even international lainnya di China,” ucap Dinda yang merupakan lulusan pendidikan  magister bidang Agri Bisnis USK ini.

Kunjungan terakhir Dahlan Iskan juga dilakukan ke PT. U-Green Aromatics International yang didampingi oleh Direktur Utama PT. U-Green, Faisal Alfarisy. Dari keterangan Faisal, saat ini kemitraan dengan Perancis telah menghasilkan beberapa kali  ekspor nilam dan pala ke Perancis. Permintaan Mitra Perancis ke mereka telah mingkat dari 15 ton menjadi 30 ton nilam pertahunnya.

Dahlan Iskan mengunjungi USK untuk menghadiri kegiatan sebagai Plenary Lecturer pada The 5th Syiah Kuala International Conference (SKIC) In Conjunction With The 10th Aceh Internal Medic 2023 dengan Tema Preparing The Future Of Medicine: Adaptation, Innovation, Collaboration And Transformation.

Leave a Reply