BRI Medan Putri Hijau Jalin Kerja Sama dengan USK

BRI Medan Putri Hijau Jalin Kerja Sama dengan USK

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Medan Putri Hijau menjalin perjanjian kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala dalam bidang pelayanan perbankan untuk dunia pendidikan. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Pimpinan Cabang BRI Medan Putri Hijau Ali Akbar dengan Rektor USK  Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng di Ruang Senat USK. (Banda Aceh, 15 Juni 2021).

Ali Akbar dalam sambutannya mengatakan, selama ini BRI telah berkomitmen untuk mendukung lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia dalam menjalankan fungsinya. Termasuk USK, yang dalam beberapa tahun ini telah menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Ali mengungkapkan, hubungan kerja sama BRI dengan USK sebenarnya telah terjalin lama. Salah satunya terkait sistem server antara USK dengan BRI atau host to host. Di mana sebelumnya, host to host tersebut terhubung antara USK dengan BRI Cabang Banda Aceh.

Namun, setelah Aceh memberlakukan Qanun Lembaga Keuangan Syariah, yang menyebabkan BRI tidak ada lagi di Aceh karena semua perbankan di Aceh menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Untuk itulah, Ali mengatakan, salah satu poin kerja sama ini adalah bagaimana sistem host to host yang sempat terputus tersebut dapat kembali terhubung.

Alhamdulillah, informasinya  hal itu bisa dilanjutkan kembali dengan perubahan account. Kemarin account-nya BRI Banda Aceh ke depan pakai account BRI Putri Hijau. Hanya dibutukan sedikit surat dari Rektor yaitu permohonan untuk dilanjutkan host to host yang sudah ada,” ucap Ali.

BRI Medan Putri Hijau Jalin Kerja Sama dengan USK

Sementara itu, Rektor menyampaikan terima kasih atas komitmen BRI yang selama ini telah memberikan layanan yang optimal bagi USK. Rektor menilai, kerja sama ini sangatlah berarti sebab mahasiswa USK juga berasal dari luar Aceh, salah satunya adalah Sumatera Utara. Mahasiswa asal Sumut ini sebagiannya kuliah pada berbagai program studi favorit yang ada di USK. Seperti Pendidikan Dokter, Akuntansi, Teknik Sipil, Manajemen, Kedokteran Gigi dan lainnya.

“Dengan kerja sama ini, kami harapkan dapat memudahkan orang tua untuk membayar uang kuliah. Karena kita tahu, BSI di Sumut tidak sebanyak yang ada di Aceh,” ucap Rektor.

Sebelumnya USK telah melakukan kerja sama seperti ini dengan BRI pada akhir 2018 dan 2019. Selain itu, USK juga telah menjalin kerja sama dengan BRI Syariah pada 1 September 2020.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan, Wakil Rektor II USK Dr. Ir. Agussabti, M.Si, Wakil Rektor IV USK Prof. Dr. Hizir, Kepala Biro Umum dan Keuangan USK, Kepala LPPM USK serta beberapa pejabat BRI Cabang Medan Putri Hijau.

Leave a Reply