BPKS LAKUKAN KUNJUNGAN AUDIENSI KE UNSYIAH

Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) melakukan kunjungan untuk audiensi ke Universitas Syiah Kuala. Rombongan ini dipimpin oleh Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain dan disambut oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng di Balai Senat Unsyiah. (14 Desember 2020).

Iskandar dalam sambutannya menjelaskan, pertemuan ini bertujuan untuk melihat peluang kerja sama apa saja yang bisa dilakukan oleh kedua institusi ini.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan  secara singkat peran dan fungsi badan BPKS dalam upaya pengembangan wilayah di ujung barat Indonesia ini. Menurutnya, berdasarkan UU Nomor 37 Tahun 2000 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2000 terkait Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang adalah, suatu kawasan yang berada di dalam wilayah hukum Indonesia yang terpisah dari daerah pabean.

Seluruh Wiayah yang meliputi Kota Sabang (Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rubiah, Pulau Seulako, Pulau Rondo), Kecamatan Pulo Aceh (Pulau Breuh, Pulau Nasi, Pulau Teunom), serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Untuk itulah, ia menilai peran BPKS saat ini sangat strategis karena badan ini terbentuk secara otonom untuk pengelolaan wilayah tersebut. Karena hal ini pula, Iskandar yang merupakan alumni Unsyiah, merasa perlu untuk menjalin komunikasi dengan pihak kampus khususnya Unsyiah.

“Kami merasa perlu untuk kembali ke kampus, karena kita tahu Unsyiah memiliki banyak tenaga ahli sehingga bisa memberikan sumbangsih bagi pembangunan kawasan Sabang,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor menyambut baik kunjungan audiensi dari BPKS ini. Sebab pembangunan wilayah Sabang adalah salah satu upaya membangkitkan kembali perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Untuk itulah, Unsyiah siap memberikan dukungan agar BPKS bisa menjalankan fungsinya secara baik sehingga bisa membangun kawasan Sabang tersebut.

“Secara terbuka kita siap untuk peluang kerja sama dengan BPKS. Saya rasa ini kesempatan yang baik, Unsyiah punya SDM yang unggul untuk membantu BPKS membangun kawasan Sabang,” ucap Rektor.

Pertemuan tersebut dimoderatori oleh Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Hizir. Turut hadir pula Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan, Ketua Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (PPLH-SDA) Unsyiah Prof. Dr.Ir. Mahidin Said, dan Ketua Atsiri Research Center (ARC) Unsyiah Dr. Syaifullah Muhammad.Sementara dari pihak BPKS, turut hadir para Deputi BPKS.

Leave a Reply