BEM FKep USK Kembali Gelar Pelatihan Skill Keperawatan (PLASENTA)

Departemen Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala kembali menggelar Pelatihan Skill Keperawatan atau yang lebih dikenal dengan PLASENTA yang ke-2. Kegiatan ini membahas tentang cara membaca EKG dengan tema “Being A Professional Nurse by Learning Nursing Skills”. (Banda Aceh, 2 Oktober 2021).

Kegiatan rutin dari Departemen Pendidikan BEM FKep USK ini sangat berdampak positif dalam meningkatkan skill mahasiswa keperawatan. Dalam hal ini adalah skill mengenai pembacaan EKG dan menentukan intervensi apa yang harus dilakukan oleh perawat prefesional selanjutnya.

Antusiasme mahasiswa dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang mengikuti pelatihan yang diadakan melalui aplikasi Zoom Meeting, yaitu sebanyak sebanyak 200 mahasiswa yang berasal Fkep USK, jenjang S1 maupun pendidikan profesi. Jumlah ini meningkat jauh dari PLASENTA 1 yang hanya diikuti oleh 134 peserta.

Adapun pemateri dalam pelatihan kali ini adalah Dr. Ns. Hilman Syarif, M.Kep., Sp. Kep. MB yang merupakan dosen dan perawat profesional di bidang keperawatan Medikal Bedah.  Dalam melakukan pelatihan, peserta diberikan penjelasan mengenai bagaimana cara yang tepat untuk membaca EKG agar dapat memberikan Intervensi yang sesuai kepada pasien.

Selanjutnya, para peserta pelatihan juga diberikan kesempatan untuk bertanya agar mendapatkan pemahaman lebih mengenai materi yang dipaparkan. Evaluasi lanjutan juga dilakukan melalui google form.

Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan USK Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep., Sp. Kep.An mengatakan, retensi atau pengulangan materi perlu dilakukan, khususnya untuk pembacaan EKG. Di mana hasil EKG harus logis, dan sebagai perawat profesional kita diharuskan unruk mengingat aturan perhitungan EKG.

“Meskipun demikian, sebagai perawat profesional, EKG tidak hanya dihafal namun juga diinterpretasikan dengan benar untuk menentukan keputusan apa yang akan diberikan kepada pasien” ujarnya. 

Leave a Reply