BEM FKeP USK Fasilitasi Persiapan Ners yang Kompeten

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (FKeP USK) mempersembahkan sebuah kegiatan yang bernama Kupas Tuntas Uji Kompetensi Ners Indonesia (KUPANTAS UKNI). Kegiatan ini dikhususkan kepada mahasiswa S1 dan Profesi Ners.

KUPANTAS UKNI dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2022 lalu secara virtualmelalui aplikasi Zoom Meeting. “Ayo Bekali Diri dengan Meningkatkan Kompetensi untuk Menjadi Ners yang Bermutu” adalah tema yang diangkat. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut ibagi dua sesi.

Sesi pertama, pemateri membahas seputar apa itu UKNI, sedangkan di sesi kedua, membahas beberapa soal yang kemungkinan besar akan keluar di UKNI. Kegiatan KUPANTAS UKNI 2022 dibuka secara resmi oleh Dr. Ns. Hilman Syarif, M. Kep., Sp. Kep. MB selaku Wakil Dekan III FKep USK.

“Kegiatan ini merupakan bentuk penyediaan wadah bagi mahasiswa FKeP USK agar mereka dapat mempersiapkan diri mereka sebelum mengikuti UKNI,” kata Wakil Dekan III.



Menurutnya, KUPANTAS UKNI juga dapat menambah wawasan dan memahami konteks uji kompetensi. Dengan demikian, mahasiswa mendapatkan pemahaman yang baik. Intinya, bisa menjadi perawat yang tangguh dan profesional serta setara dengan institusi lain, yang dapat bekerja dengan baik di pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Ketua Panitia KUPANTAS UKNI 2022, Dian Novita menerangkan, KUPANTAS UKNI 2022 yang digarap dalam bentuk seminar, bertujuan menambah wawasan. Kegiatan ini diikuti sebanyak 183 peserta dan 19 panitia dari BEM FKep USK.

“Menumbuhkan semangat kepada para calon perawat hebat di masa mendatang, untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian kompetensi ners dengan baik,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan itu turut dihadiri oleh Wakil Dekan II Fkep USK, Kepala Program Studi Ners, Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKep USK, Ketua Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Ash-Shihah FKep USK, Ketua BEM FKG USK, Ketua BEM FKH USK.

Leave a Reply