BEM FKep Donor Darah dengan Blood Delivery

Sebanyak 30 orang mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKep) Unsyiah terlihat memenuhi antrian di depan Instalasi Transfusi Darah, Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA), Banda Aceh, Senin (01/05). Aksi ini merupakan upaya donor darah gerakan untuk menyambut Hari Donor Darah Sedunia yang akan diperingati tanggal 14 Juni nanti.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKep. Kegiatan ini dikemas dengan nuansa yang berbeda, yaitu menggunakan konsep Blood Delivery atau dengan inisiatif memberikan darah yang didonorkan langsung ke pasien yang membutuhkan.

BEM FKep yang bekerjasama dengan pihak Instansi Transfusi Darah RSUDZA mengharapkan darah tersebut dapat tersalurkan secara tepat sasaran dan tepat guna.  Mengingat kebanyakan pasien sangat membutuhkan darah yang didonorkan terutama untuk keperluan operasi yang mendadak dalam rentang waktu yang cukup singkat. Contohnya dalam sebuah kasus, seorang pasien membutuhkan darah AB+ sebanyak 4 kantong untuk keperluan operasi 2 hari lagi. Stok darah yang tak selalu bisa dipenuhi juga menjadi kesulitan tersendiri bagi ‘pemburu darah’. Jumlah pendonor berdasarkan golongan darah juga menjadi faktor penyulit bagi mereka juga, contohnya golongan darah AB yang tergolong langka dan susah dicari.

Kegiatan yang bertemakan Aksi Berbagi Cinta Donor Darah (ABCD) ini juga diharapkan menjadi solusi dari kesulitan pasien dalam mencari donor darah sukarela dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah untuk menyelamatkan kehidupan orang lain.

“Kita berharap, melalui kegiatan positif ini, kekurangan stok darah selama ini mampu membantu masyarakat,” ujar Dedi Purwanda salah satu panitia yang juga ikut dalam aksi tersebut. [mrt]