Bangun Masyarakat Perikanan, USK dan Astra Laksanakan MBKM di Alue Naga

Fakultas Kelautan dan Perikanan melaksanakan kegiatan ‘Kickoff Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)’ dengan tema Membangun Pondasi Sosial Astra-USK Melalui Kampung Berseri Astra Alue Naga’ di Masjid Gampong Alue Naga, Aceh Besar, Jumat, 26 Agustus 2022.

Ketua Pelaksana Ichsan, S.St.Pi, M.Sc mengatakan, kehadiran Program MBKM Astra-USK ini menjadi wajah baru dalam kerjasama antara Astra dengan Universitas Syiah Kuala (USK) yang telah terjalin sejak tahun 2017 melalui FKP dengan berbagai kegiatan dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat.

Ini merupakan kegiatan lanjutan dari beberapa kegiatan yang telah dilakukan di Alue Naga, sebelumnya dosen dan mahasiswa FKP, beberapa kali menjalankan riset dan pengabdian di desa ini,” kata Ichsan.

Ia berharap, dengan adanya program MBKM Astra-USK itu, mampu menjadi laboratorium lapangan yang dapat menjembatani antara dunia akademik dengan dunia kerja nantinya di masyarakat.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi oleh Keuchik (Kepala Desa) Alue Naga, Faisal M Dan. Menurutnya, dengan semakin banyaknya mahasiswa yang mengabdi di desanya diharapkan mampu membangun dan memajukan Alue Naga.

“Semoga dengan kegiatan ini akan terbentuk suatu hatchery, selain pusat pengolahan perikanan yang telah ada sebelumnya, mengingat Gampong Alue Naga memiliki potensi yang besar di bidang perikanan,” harapan Keuchik.



Sementara itu, Dekan FKP, Prof. Dr. Muchlisin ZA menuturkan, kolaborasi yang telah terjalin antara FKP dan Astra selama 5 tahun ini dapat terus berlanjut. Dengan demikian, dapat bersama-sama membangun masyarakat perikanan. Hadirnya kegiatan MBKM Astra-USK, menjadi medium bagi mahasiswa untuk mentransfer keilmuan dalam bidangnya masing-masing l, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua Korwil grup Astra Aceh, Munardi menyatakan bahwa pihak PT. Astra Internasional Tbk sangat berkomitmen untuk terus membangun desa dan memberi manfaat dengan mensejahterakan masyarakat, salah satunya dengan mengadakan kegiatan MBKM Astra-USK yang melibatkan dosen dan mahasiswa.

“Astra sendiri memiliki 4 pilar dalam setiap kegiatannya, yaitu pilar pendidikan, pilar kewirausahaan, pilar lingkungan dan pilar kesehatan,” tuturnya.

Selain itu, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan yang juga hadir pada kegiatan kick off dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak Astra yang telah bersama dengan FKP dan USK dalam membangun masyarakat desa. Menurut beliau, meskipun telah beberapa kali dilakukan namun kegiatan kali ini berbeda karena melalui Program MBKM.

“Nantinya mahasiswa akan ditempatkan di Gampong Alue Naga selama 1 semester yang di akhir nanti akan dikonversi menjadi 20 sks kuliah di prodi masing-masing,” terang Rektor.

Kegiatan MBKM Astra-USK ini diikuti oleh 15 orang mahasiswa MBKM yang berasal dari 5 program studi yang terdapat di 2 fakultas, yaitu FKP serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Program ini juga didukung oleh Fakultas Keperawatan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dalam menjalankan Pilar Kesehatan dan Pendidikan.

Selain pelepasan Mahasiswa MBKM oleh Rektor USK, pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis beasiswa Lestari Astra dan Bantuan Donasi Pendidikan Anak terdampak Covid 19 serta penyerahan sembako astra.

Leave a Reply