42 Mahasiswa USK Laksanakan KKN Gotong Royong di Lamteungoh

42 Mahasiswa USK Laksanakan KKN Gotong Royong di Lamteungoh

Sebanyak 42 mahasiswa Universitas Syiah Kuala melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Gotong Royong yang akan tersebar pada enam desa/gampong di Kemukiman Lamteungoh, Aceh Besar. Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan melepas mereka di depan Kantor Pusat Administrasi USK. (Banda Aceh, 26 Juli 2021).

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USK Dr. Dra. Sulastri, M.Si mengatakan, USK melaksanakan KKN Gotong Royong setelah proposal yang diajukan ke Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan PMK dinyatakan lolos.
Dengan demikian, USK berhak mendapatkan dana hibah dari Kementerian PMK untuk melaksanakan kegiatan KKN Gotong Royong ini. Sulastri mengungkapkan, pelaksanaan KKN ini dilakukan dalam dua batch. Pelepasan KKN hari ini adalah batch 1, sementara batch II akan dilakukan pada awal September nanti.
 “42 mahasiswa ini merupakan batch I dari program KKN Gotong Royong. Mereka akan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama satu setengah bulan atau sampai awal September 2021,” ucapnya.

Selanjutnya, 42 mahasiwa USK ini akan  melakukan pengabdian kepada masyarakat  pada enam gampong binaan USK yang ada di  kemungkinan Lamteungoh. Jauh hari sebelum itu, ungkap Sulastri, USK telah melakukan analisis potensi dan permasalahan desa yang ada di Kemukiman Lamteungoh.

42 Mahasiswa USK Laksanakan KKN Gotong Royong di Lamteungoh

Untuk itulah, 42 mahasiswa USK ini berangkat dan melakukan tindakan untuk menyelesaikan permasalahan di sana. Misalnya, masalah belajar bagi anak-anak yang terganggung selama pandemi. Kemudian sanitasi lingkungan, pemutusan rantai covid-19 dan lainnya.
“Di sana, juga ada potensi pertanian dan pertenrnakan. Jadi itu yang coba para mahasiwa USK optimalkan,” ucap Sulastri.

Adapun tema yang diangkat pada KKN Gotong Royong Batch I ini adalah Rekayasa Adaptasi Kebiasaan Baru Melalui Revolusi Mental Mewujudkan Kemandirian, Ketahanan, dan Kualitas Masyarakat Selama Pandemi Covid-19.

Terkait hal ini, Prof. Marwan dalam sambutannya mengingatkan mahasiswa USK untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan KKN. Menurut Prof. Marwan, mahasiwa USK harus mampu memberi contoh yang baik kepada masyarakat dalam kesehariannya mereka, sehingga masyarakat mengerti bagaimana semestinya menghadapi pandemi ini.
Turut hadir dalam pelepasan mahasiswa KKN ini Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Kepala Biro Kemahasiwaan USK, kepala UPT Perpustakaan, para Dekan dalam lingkungan USK, Ketua LPPM USK, dan para Dosen Pembimbing Lapangan lainnya.

Selesai pelepasan oleh wakil rektor 1, selanjutnya mahasiswa KKN Gotong Royong diserahkan oleh Wakil Rektor III kepada mukim Lam Tengoh dan diteruskan penyerahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan kepada enam Keuchik gampong kemukiman Lam Tengoh yang mengambil tempat di SDN Lamtengoh. Acara penyerahan dihadiri oleh camat ingin jaya, danramil, kapolsek dan tokoh masyarakat setempat.

Leave a Reply