32 Mahasiswa FKH USK Dampingi DPPKP Banda Aceh Pantau Daging Meugang

Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (DPPKP) bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala (USK) Prodi Pendidikan Profesi Dokter Hewan untuk memantau daging meugang yang dijual di wilayah Kota Banda Aceh. (Banda Aceh, Minggu 11 April 2021).

Kepala DPPKP Kota Banda Aceh, Zulkifli Syahbuddin menyebutkan, ada 32 mahasiswa yang ikut mendampingi tim dari dinas untuk memantau penjualan daging meugang hingga esok yang menjadi hari puncak. Ada 12 lokasi penjualan daging yang dipantau sebagaimana ketetapan Pemko Banda Aceh.

“Kali ini kita libatkan 32 mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) untuk mengawasi penjualan daging di sekitar Kota Banda Aceh sesuai titik-titik yang sudah ditetapkan,” katanya sebagaimana dimuat di laman aceHTrend.com, Minggu (11/4).

Hal ini dilakukan untuk memastikan daging yang dijual Kota Banda Aceh aman sehat utuh dan halal (ASUH) serta layak dikonsumsi oleh warga. Sementara itu, Kepada Bidang Pertanian dan Peternakan drh. Zulfadhly mengatakan, total tim yang terlibat dalam pengawasan itu ada 49 orang yang terdiri atas dokter hewan, Satpol PP, kepolisian ,dan mahasiswa PPDH Fakultas Kedokteran Hewan USK.

Pengawasan dan pemeriksaan kesehatan daging ini merupakan tindak lanjut dari Qanun Kota Banda Aceh Nomor 6 Tahun 2016 tentang Retribusi Rumah Pemotongan Hewan serta pengumuman Wali Kota Banda Aceh Nomor: 521/0488 Tahun 2021 sehubungan pelaksanaan pemotongan ternak dalam rangka meugang Ramadan 1442 H.

Leave a Reply