11 Kelompok Usaha USK Lolos P2MW Kemendikbud

Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan, berhasil meloloskan 11 kelompok usaha dari 47 mahasiswa, hal ini berdasarkan surat pengumuman dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang diumumkan pada tanggal 19 Juni 2023 melalui surat 3127/E2/KM.01.01/2023 tentang Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2023.

“Dari 18 kelompok yang diusulkan oleh USK, sebanyak 11 kelompok usaha dinyatakan lulus dan akan mendapatkan pendanaan dari Kemdikbud,” kata Wakil Rektor (WR) Kemahasiswaan dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc.

WR USK menjelaskan, dari 11 kelompok yang mendapatkan pendanaan, 7 kelompok berasal dari Fakultas Teknik, sedangkan sisanya Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik masing-masing menyumbang 1 kelompok.

“Diharapkan kedepan Fakultas-fakultas lain juga bisa ikut berprestasi pada kompetisi ini,” pesan WR USK.

Sementara itu, Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc merincikan kategori: Bisnis Digital 1 kelompok; Kategori Budidaya 2 kelompok; Kategori Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata 2 kelompok; Jasa dan Perdagangan 2 kelompok; Kategori Makanan dan Minuman 1 kelompok; serta Kategori Manufaktur dan Teknologi Terapan 3 kelompok.

“Capaian prestasi yang diraih USK tahun ini sangat baik, karena jumlah kelompok tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 5 kelompok dari 6 kelompok yang diusulkan,” beber Rahmat.

Menurutnya, USK sudah tidak asing lagi dengan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) ini, karena setiap tahunnya selalu mendapatkan pendanaan oleh Kemdikbud.

“Malah pada tahun 2018 USK mampu mendapatkan pendanaan sebanyak 17 kelompok, yang merupakan terbanyak se Indonesia kala itu,” ungkapnya.

Program P2MW ini juga akan bermuara pada Expo KMI setiap tahunnya, pada tahun 2017 di Politeknik Negeri Pontianak USK meraih juara 3 Kategori Produksi dan Budidaya, tahun 2019 di Politeknik Negeri Batam meraih juara 1 Kategori Makanan dan Minuman, tahun 2020 secara daring di Universitas Podomoro meraih juara 3 Kategori Industri Kreatif.

Kemudian pada tahun 2021 di Universitas Brawijaya Malang meraih juara 1 Kategori Coffee Based dan Juara 2 Kategori Milk Based Coffe pada Kompetisi Coffe serta Juara Harapan Kategori Industri Kreatif dan pada tahun 2022 di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur meraih dua juara 3 masing-masing pada Kategori Makanan & Minuman dan Kategori Industri Kreatif.

Leave a Reply